Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Selasa (10/10) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai Fadli Zone serukan negosiasi tengahi konflik Palestina-Israel hingga elektabilitas Prabowo menurun jika dipasangkan dengan Ganjar Pranowo.

Klik di sini untuk berita selengkapnya


1. Survei: Elektabilitas Prabowo menurun jika dipasangkan dengan Gibran

Lembaga survei Indikator Politik Nasional (IPN) merilis hasil riset terbaru dimana elektabilitas bakal calon presiden Prabowo Subianto dinilai menurun, jika dipasangkan dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, Direktur Riset IPN, Wahyu Sanjaya, menjelaskan, Prabowo Subianto selalu memuncaki elektabilitas tertinggi dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Selengkapnya di sini

2. Pj Wali Kota Cimahi terima putusan Mendagri tak perpanjang masa tugas

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menerima keputusan terhadap masa tugas yang tidak diperpanjang oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Atas keputusan ini (tidak memperpanjang), tidak menyurutkan kami untuk tetap berkinerja baik, semua pelayanan berjalan sebagaimana biasanya,” kata Dikdik saat memberikan keterangan di Pemkot Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa.

Selengkapnya di sini


3. Fadli Zon: Indonesia perlu suarakan negosiasi perang Palestina-Israel

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyebut Indonesia perlu menyuarakan upaya negosiasi dalam mengakhiri perang yang terjadi antara Palestina-Israel ke dunia internasional.

"Saya kira kita perlu menyuarakan bagaimana kita bisa menyelesaikan persoalan ini melalui suatu proses negosiasi, de-eskalasi, terutama menyetop agresi, dan mengembalikan wilayah-wilayah Palestina yang direbut oleh para settler, pendudukan Israel, di wilayah-wilayah itu supaya terjadi perdamaian," kata Fadli usai rapat koordinasi dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

4. Wapres tumbuhkan kepercayaan KKB pada pemerintah melalui dialog

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berupaya menumbuhkan kepercayaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kepada pemerintah melalui berbagai forum dialog yang melibatkan peran para tokoh agama setempat.

"Saya kira kita sedang berusaha menghilangkan ketidakpercayaan itu melalui dialog-dialog yang terus kita lakukan dengan tokoh-tokoh agama," kata Ma'ruf Amin di Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa.

Selengkapnya di sini


5. Menteri BPN: Masih ada 352 ribu Ha tanah ulayat akan disertifikatkan

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyebutkan masih ada 352 ribu hektare (Ha) tanah ulayat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang akan disertifikatkan.

"Saat ini yang baru kita serahkan kurang lebih 12 hektare namun sisanya masih ada 352 ribu hektare yang harus segera disertifikatkan," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN Hadi Tjahjanto di Kabupaten Tanah Datar, Selasa. Hal tersebut disampaikan Menteri ATR/BPN setelah menyerahkan sertifikat hak pengelolaan tanah ulayat masyarakat hukum adat Nagari (desa) Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023