Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan berangkat ke Israel pekan ini untuk bertemu dengan para pemimpin Israel, kata Deplu AS, Selasa (10/10).

"(Kunjungan) ini akan menjadi pesan solidaritas dan dukungan," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller saat konferensi pers harian.

Miller mengatakan Blinken akan bersama-sama dengan para pejabat Israel membahas situasi di lapangan, serta membicarakan "bagaimana kami bisa terus memberikan dukungan terbaik bagi perjuangan mereka."

Kunjungan Blinken itu akan menjadi yang pertama dilakukan oleh seorang menteri luar negeri AS pascaserangan pada Sabtu (7/10) oleh Hamas di kota-kota Israel bagian selatan dekat Jalur Gaza.

Sejak serangan Hamas itu, ketegangan meningkat. Israel melakukan pembalasan dengan melancarkan serangan udara besar-besaran di Gaza, dan secara total memblokade wilayah tersebut.

Pihak-pihak berwenang mengatakan bahwa selama rentetan kekerasan itu sudah lebih dari 1.900 orang tewas, termasuk sedikitnya 900 warga Palestina dan 1.000 warga Israel.

Israel juga sudah memutus layanan air dan listrik ke Gaza sehingga membuat situasi kemanusiaan --yang sudah parah-- di kantong wilayah itu semakin buruk.

Jalur Gaza, yang ditinggali oleh hampir 2,2 juta orang, sudah terhuyung-huyung di bawah pengepungan Israel yang melumpuhkan sejak 2007.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Israel ancam akan bom konvoi pembawa bantuan ke Gaza
Baca juga: Putin: Kekerasan di Palestina dan Israel buktikan AS gagal di Timteng

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023