tonggak penting dalam perjalanan transformasi digitalisasi daerah
Jakarta (ANTARA) - Bank DKI meraih predikat Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbaik dari Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) untuk mendukung transformasi digitalisasi 2023 sebagai solusi perbankan.

“Prestasi sebagai BPD terbaik merupakan tonggak penting dalam perjalanan transformasi digitalisasi daerah, khususnya DKI Jakarta,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD 2023 di Jakarta, Rabu.

Dia menegaskan Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi menyediakan solusi perbankan digital yang inovatif dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Solusinya melalui elektronifikasi pengelolaan anggaran di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui layanan perbankan daring (Cash Management System/CMS)," katanya.

Dengan adanya CMS ini, dia menuturkan SKPD dapat memantau aktivitas transaksi penerimaan dan pengeluaran anggaran pada rekening secara mudah, nyata dan lebih akurat.

Baca juga: Direktur Keuangan Bank DKI raih penghargaan Indonesia Best CFO 2023

Sementara, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi meyakini digitalisasi adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Arie menuturkan perseroan akan terus bekerja keras untuk memperluas jangkauan layanan digital dan berinvestasi dalam teknologi terkini untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan daerah.

“Termasuk pengembangan SuperApps JakOne Mobile dengan ragam fitur, mulai dari pembukaan rekening secara elektronik, transfer, pembayaran berbagai tagihan termasuk pajak dan retribusi, scan QRIS, hingga zakat dan donasi,” ujar Arie.

Selain itu, Bank DKI juga menyediakan kartu pintar prabayar JakCard sebagai alat pembayaran moda transportasi umum terintegrasi di Jakarta, seperti TransJakarta, MRT, LRT, Kereta Api Bandara/Railink, Commuter Line Jabodetabek, akses tiket masuk sejumlah museum dan tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, hingga pembayaran ruas tol tertentu.

“Selain itu, Bank DKI juga melakukan pengembangan aplikasi JakOne bank bagi para pelaku UMKM, maupun aplikasi pengajuan kredit/pembiayaan secara daring, dengan aplikasi pinjaman digital,” ujar Arie.

Baca juga: Unit Usaha Syariah Bank DKI raih penghargaan kinerja terbaik Infobank

Satgas P2DD telah mengevaluasi kinerja Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Tahun 2022, hasilnya menetapkan 15 Pemerintah Daerah (Pemda) Penerima Terbaik dan satu Pemda Unggulan Terbaik.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023