Jakarta (ANTARA) - Presiden Direktur PT Bank UOB Indonesia Hendra Gunawan menyampaikan komitmen UOB untuk menciptakan 1 juta lapangan kerja di kawasan ASEAN.

“Kami (UOB) berkomitmen untuk menciptakan 1 juta lapangan kerja di seluruh kawasan ASEAN, khususnya di Indonesia,” kata Hendra saat menyampaikan sambutan dalam acara UOB Gateway to ASEAN Conference 2023 di Jakarta, Rabu.

Hendra menjelaskan, agar dapat mencapai tujuan tersebut maka pihaknya akan terus mendorong pertumbuhan di kawasan ASEAN melalui pembiayaan serta dukungan regulasi terhadap negara anggota, termasuk Indonesia.

Sejak tahun 2014, Hendra mengungkap bahwa UOB telah menciptakan lebih dari 86.000 lapangan kerja, dengan total nilai investasi lebih dari 19 miliar dolar Singapura.

“Kami (UOB) telah membantu menciptakan lebih dari 86.000 lapangan kerja sejak tahun 2014, dari lebih dari 300 perusahaan sehingga menghasilkan total nilai investasi lebih dari 19 miliar dolar Singapura,” ungkapnya.

Dengan penetapan komitmen jangka panjang tersebut, Hendra mengatakan bahwa pihaknya ingin turut membantu para pelaku usaha di kawasan ASEAN dalam memaksimalkan potensi mereka serta menavigasi tantangan dengan solusi yang lebih baik.

Oleh karena itu dengan adanya UOB Gateway to ASEAN Conference 2023, ia berharap dapat turut memberikan wawasan kepada para pemangku kebijakan (stakeholder) dan pelaku bisnis dalam menghadapi ketidakpastian global saat ini.

"Saya berharap konferensi ini (UOB Gateway to ASEAN Conference 2023) dapat memberi kita wawasan gratis untuk membantu para pembuat kebijakan dan pelaku bisnis di kawasan ini untuk menghadapi ketidakpastian global," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah UOB selama ini dalam pembiayaan serta penciptaan lapangan kerja di ASEAN. Ia menyampaikan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia terhadap komitmen UOB dalam menciptakan 1 juta lapangan kerja di kawasan ASEAN.

"Pemerintah akan siap mendukung program tersebut. Karena target pemerintah adalah mendukung UMKM, dan saya senang para CEO, para bankir saat ini mencerminkan kemajuan perekonomian ASEAN,” pungkasnya.

Baca juga: UOB pilih Indonesia jadi negara pertama konferensi ASEAN
Baca juga: UOB Indonesia berkomitmen kurangi pembiayaan sektor batu bara
Baca juga: UOB dan Lazada kolaborasi kembangkan ekosistem digital Asia Tenggara

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023