Saya baru pertama, Kota Madiun bagus banget. Wali Kotanya kreatif bisa "menyulap" tempat kumuh menjadi tempat (wisata) yang digemari....
Madiun (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengapresiasi upaya nyata Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, dalam mengembangkan UMKM di wilayahnya dengan membangun tempat wisata gratis sehingga menggerakkan ekonomi setempat.

"Saya baru pertama, Kota Madiun bagus banget. Wali Kotanya kreatif bisa "menyulap" tempat kumuh menjadi tempat (wisata) yang digemari. Kita lihat hal itu bisa membuat UMKM berkembang dan naik kelas," ujar Mendag Zulkifli Hasan saat berkunjung ke stan Dekranasda di kawasan Pahlawan Street Center (PSC) di Kota Madiun, Rabu.

Dalam kunjungannya tersebut, Mendag bisa melihat UMKM baik di bidang makanan, minuman, maupun, kerajinan mendapat pembinaan yang baik oleh pemda setempat, sehingga bisa tetap eksis dan berkembang.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan bagikan beras gratis di Kota Madiun

Mendag juga meminta UMKM dan pedagang di pasar tradisional untuk meningkatkan kemampuan berjualan secara daring karena di era digitalisasi cara itu tidak dapat dihindari.

Pelaku usaha diimbau untuk mulai belajar perdagangan digital agar toko fisik dan toko daring bisa berjalan beriringan.

Dalam kunjungannya ke Kota Madiun, selain melihat UMKM stan Dekranasda di kawasan PSC, Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas juga meninjau pelaksanaan pasar murah dan membagikan beras murah SPHP di Pasar Besar Madiun.

Baca juga: Mendag: Pemerintah jamin stok beras masih aman

Selama di Madiun, Mendag Zulhas didampingi oleh Wali Kota Madiun, Forkopimda Kota Madiun, dan pejabat OPD terkait melihat hasil pembangunan Kota Madiun dalam beberapa tahun terakhir yang mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023