Pangandaran (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan bantuan sebanyak 10 perahu bagi nelayan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang bertujuan untuk pemberdayaan nelayan dalam menunjang kegiatan melaut yang akhirnya bisa memberikan manfaat bagi kehidupan ekonomi nelayan.

"Tujuannya untuk mendukung pemberdayaan para nelayan, nelayan adalah satu komponen yang sangat penting dalam ekonomi kita," kata Prabowo usai penyerahan bantuan perahu kepada nelayan di pinggir Pantai Aquarium Piamari Pangandaran, Jawa Barat, Rabu.

Ia menuturkan nelayan memiliki peran penting dalam perekonomian bangsa Indonesia, juga bagian dari ketahanan bangsa, nasional, dan juga ketahanan produksi pangan terutama kebutuhan protein.

Ia menjelaskan nelayan berperan menjaga ketahanan pangan yang selama ini merupakan hal penting untuk kekuatan anak-anak bangsa Indonesia dalam mendapatkan kebutuhan protein, juga untuk menghadapi masalah 'stunting' dan sebagainya.

"Ini saya kira sangat penting untuk kita berdayakan para nelayan kita, kita dukung supaya mereka dapat kualitas hidup yang baik, penghasilannya baik, dan ikan-ikan kita dinikmati oleh bangsa kita," katanya.

Kehadiran Prabowo itu didampingi mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang membagikan langsung 10 perahu dan mesinnya kepada nelayan di Pangandaran.

Prabowo menyampaikan terima kasih atas sambutan yang meriah dari masyarakat Kabupaten Pangandaran yang terlihat memiliki semangat untuk menjaga pantai dan laut.

"Saya melihat ada suatu semangat kepedulian yang besar terhadap menjaga lingkungan, menjaga pantai, menjaga laut, dan ini sangat-sangat perlu dihormati dan dibanggakan, karena kita tahu bahwa alam ini adalah karunia dari yang maha kuasa," kata Prabowo.

Baca juga: Menhan Prabowo tinjau penyerahan bantuan 1.415 motor trail di Makassar

Salah seorang nelayan penerima bantuan perahu, Sutarto mengaku senang mendapatkan bantuan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Saya sudah lama jadi nelayan kurang lebih 20 tahun, alhamdulillah hari ini dapat bantuan yang sangat bagus mesin dan perahunya, masih baru, saya berterimakasih sekali sama Bapak Prabowo," kata Sutarto nelayan asal Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Ia berharap bantuan itu bisa menopang kehidupan keluarganya menjadi lebih baik, karena selama ini setiap melaut hanya menumpang dengan kapal motor milik orang lain.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat buat saya, buat mencari ikan setiap hari untuk modal hidup saya, anak-anak dan istri saya, karena selama ini kan sering melaut menggunakan kapal motor orang lain, sekarang punya sendiri," kata Sutarto.*


Baca juga: Menhan minta warga 20 desa NTB tak hamburkan bantuan akses air bersih

Baca juga: Menhan RI beri 25 unit motor buat babinsa di wilayah Kodim 1702/JWY

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023