Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah terus menggiatkan atau melakukan berbagai persiapan untuk mengoptimalkan tugas pengamanan selama berjalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah hukumnya. 

Wakil Kepala Satuan Samapta Polresta Palangka Raya, AKP I Ketut Warsa, di Palangka Raya, Rabu, mengatakan latihan pelaksanaan pengendalian massa (dalmas) awal yang berlangsung di Mapolresta Palangka Raya, bertujuan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 yang tidak lama lagi akan segera digelar secara serentak.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

"Latihan digelar guna mempersiapkan tugas pengamanan selama tahapan Pemilu 2024, dalam hal ini dalmas awal berfungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap kegiatan bersifat massa seperti unjuk rasa, aksi damai dan lain sebagainya,” katanya.

Sembari mengawasi latihan tersebut, Warsa menjelaskan, para personel akan diberikan materi latihan dalam melaksanakan dalmas awal, yang kemudian akan dilanjutkan dengan praktik seperti saat di lapangan.

Baca juga: Polres Bone kerahkan ratusan personel kawal kampanye Pemilu

“Materi latihan mulai dari gerakan-gerakan dalmas awal yakni gerakan di tempat hingga berjalan beserta dengan aba-abanya, kemudian juga formasi-formasi yang ada dalam dalmas awal seperti bersaf, berbanjar, tangan berkait dan menggunakan tali dalmas,” bebernya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Sat Samapta polres Palangka Raya juga rutin melakukan patroli ke sejumlah tempat salah satunya ke kantor penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) baik kota maupun provinsi setempat.

Baca juga: Polri rencanakan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dimulai 17 Oktober

Bahkan selama dilaksanakan patroli di sejumlah titik, tidak ada ditemukan gangguan kamtibmas yang dapat merusak keamanan dan lain sebagainya.

Bahkan kehadiran kepolisian di sejumlah tempat, juga disambut baik oleh masyarakat karena kehadiran mereka bisa meredam terjadinya gangguan kamtibmas yang sifatnya menonjol.

Baca juga: Polri seleksi umur dan kesehatan personel pengamanan Pemilu 2024

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023