Beijing (ANTARA) - China pada Rabu (11/10) mengumumkan kontingen yang terdiri dari 723 anggota, termasuk 439 atlet, untuk ajang Asian Para Games yang akan diselenggarakan di Hangzhou mulai 22-28 Oktober mendatang.

Sebanyak 221 atlet putra dan 218 atlet putri China akan berlaga dalam 397 nomor dari 22 cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Para Games Hangzhou.

Rata-rata usia para atlet tersebut tercatat 26,5 tahun. Atlet dengan usia tertua adalah pemain tenis meja Gao Yanming (58), sementara yang termuda adalah pecatur Yang Yixiao (13).

Dari jumlah atlet tersebut, 247 di antaranya menyandang gelar sarjana atau lebih tinggi. Seluruh 439 atlet tersebut adalah atlet amatir yang berprofesi sebagai petani, pelajar, pekerja, dan pekerja lepas.

Kontingen tersebut menargetkan untuk mempertahankan posisi teratas di Asian Para Games Hangzhou, menunjukkan kinerja dan moralitas olahraga, dan memenuhi komitmen "dua pesta olahraga dengan kemegahan yang setara", menurut wakil kepala kontingen China Zhao Sujing.

"Seperti para rekan saya, saya sangat bangga dapat berlaga di tanah air sendiri, saya akan mematuhi aturan dan regulasi, mengatasi beragam kesulitan dan bertekad untuk mengungguli diri saya sendiri di Hangzhou," tutur Wen Xiaoyan, atlet atletik yang meraih medali emas di Paralimpiade Rio de Janeiro dan Paralimpiade Tokyo.

"Setengah dari tim ini pensiun usai Paralimpiade Tokyo, dan mayoritas tim kami saat ini berusia sekitar 23 tahun. Kami meraih gelar juara pada 2018, sehingga kami akan berupaya mempertahankan titel kami di Hangzhou," ujar Chen Qi, pelatih tim bola basket kursi roda putri China.

"Saya berharap para veteran dapat menularkan kegigihan dan kecintaan mereka terhadap bola basket kursi roda kepada para pemula, dan kami akan menguji diri kami sendiri di Hangzhou sebelum mempersiapkan diri untuk Paralimpiade Paris," imbuhnya, demikian Xinhua.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023