Jangan naik atap bus. Sama kalau kalah tidak membakar kursi."
Jakarta (ANTARA News) - Klub sepakbola Jakarta, Persija dijadwalkan akan menjamu Persiwa Wamena dalam laga Indonesia Super league (ISL) di kandang, Jakarta. 

Pertandingan pada 1 Juni 2013 mendatang rencananya akan digelar di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyebutkan, pertandingan tersebut bisa diselenggarakan dengan syarat para Jakmania, sebutan untuk penggemar Persija, harus bisa bersikap baik dengan tidak melakukan tindakan anarkis seperti rusuh. 

"Jangan naik atap bus. Sama kalau kalah tidak membakar kursi," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin. 

Untuk itu, dia meminta kepada para 'kepala suku' Jakmania agar mampu mengkoordinasi para Jakmania agar tidak melakukan tindakan anarkis. 

"Saya minta agar bisa memanage anak buahnya," kata Jokowi. 

Jokowi menyatakan akan segera menghubungi pihak kepolisian untuk ikut mengamankan jalannya pertandingan tersebut. 

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus The Jakmania, M Larico Rangga Mone menjamin bahwa suporter Persija tidak akan melakukan tindakan anarkis. 

Dia bahkan menambahkan jika ada yang kedapatan melakukan tindakan anarkis akan langsung diserahkan kepada pihak berwajib. 

"Jakmania berjanji untuk bisa menjaga keamanan," katanya. Mereka juga berharap agar pertandingan ini tidak menjadi pertandingan terakhir Persija di kandangnya. 

"Kami maunya di Jakarta terus. Jangan di Pamulang, Sawangan atau Solo," katanya. 

Pertandingan tersebut tidak akan dihadiri oleh suporter dari Persija. Namun Ketua Umum Persija, Ferry Paulus menyebutkan bahwa Persija masih akan menjamu Persipura dan bisa didukung oleh suporternya di Gelora Bung Karno, Senayan. (Dny) 

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013