Los Angeles (ANTARA) - Sebuah laporan yang diterbitkan pada Hari Hentikan Perundungan Nasional (National Stop Bullying Day) menyebutkan bahwa California menduduki peringkat pertama dalam daftar negara bagian di Amerika Serikat (AS) yang memiliki masalah perundungan terbesar.

Laporan dari situs web keuangan pribadi WalletHub.com itu mengukur prevalensi dan pencegahan perundungan di 47 negara bagian dan Distrik Columbia dengan memeriksa 20 metrik utama.

Hal itu mulai dari tingkat insiden perundungan, biaya yang harus ditanggung sekolah akibat ketidakhadiran siswa, hingga jumlah siswa sekolah menengah yang dirundung secara daring.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa lima
negara bagian dengan masalah perundungan terburuk di negara itu adalah California, Alaska, Nevada, New Jersey, dan Louisiana.

Selain itu, dalam laporan mengungkapkan bahwa sekitar 20 persen siswa berusia 12 hingga 18 tahun mengalami perundungan secara langsung, daring, atau keduanya.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa selain dampak fisik, emosional, dan psikologis yang ditimbulkan pada korban, perundungan juga menimbulkan dampak sosial ekonomi yang merugikan.

Laporan tersebut mengutip sebuah penelitian dari Association for Psychological Science, bahwa pelaku perundungan, korban, atau keduanya, lebih mungkin mengalami kemiskinan, kegagalan akademis, dan pemutusan hubungan kerja saat dewasa dibandingkan mereka yang tidak menjadi pelaku maupun korban.

Selain itu, orang-orang yang terkena dampak lebih mungkin melakukan kejahatan serta menyalahgunakan narkoba dan alkohol, menurut laporan tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023