Mereka yang melakukan korupsi di Sumatera Barat, bukan karena keinginan, melainkan karena ketidaktahuan.
Jakarta (ANTARA) - Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya singgah di Ranah Minang, Kamis, Sumatera Barat menjadi provinsi keempat di Pulau Sumatera yang disinggahi untuk menyebarkan paham antikorupsi

Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa pengentasan korupsi tidak bisa hanya oleh satu pihak saja.

Wawan Wardiana mengatakan bahwa Roadshow Bus KPK diinisiasi agar seluruh komponen masyarakat turut berperan serta dalam pemberantasan korupsi.

Ia memperkirakan Bus KPK mungkin hanya seminggu di Sumatera Barat, minggu depan akan maju lagi ke wilayah lain.

"Kami berharap dalam waktu seminggu, kami bisa memberikan kesan yang mendalam. Bahkan, harapannya nilai-nilai antikorupsi yang disampaikan lewat bus ini makin membumi," katanya.

Wawan menegaskan budaya yang harus muncul di Indonesia ialah budaya antikorupsi, bukan budaya korupsi.

Menurut dia, masyarakat dapat ikut berperan di dalamnya, antara lain, dengan melaporkan dugaan tindak pidana korupsi, memantau layanan publik, dan melaporkan penerimaan gratifikasi.

"Hasilnya seluruh masyarakat dapat mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi di kehidupan sehari-hari," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyambut baik kehadiran KPK di tengah masyarakat via Roadshow Bus KPK.

Mahyeldi meminta jajarannya untuk menyiapkan bus serupa agar bisa mereplikasi seluruh kegiatan Roadshow Bus KPK demi melanjutkan penyebaran nilai-nilai antikorupsi di Ranah Minang.

"Kami akan berusaha mengantisipasi perilaku korupsi dengan cara yang sama untuk menjelajah juga di Sumatera Barat. Kami akan siapkan satu mobil atau bus juga. Sebetulnya kalau kita lihat, mereka yang melakukan korupsi di Sumatera Barat, bukan karena keinginan, melainkan karena ketidaktahuan," kata dia.

Baca juga: KPK lepas bus antikorupsi 2023 ke Sumatera
Baca juga: Pemprov Bengkulu-KPK finalisasi penyelenggaraan Roadshow Bus KPK

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023