Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo membahas ketahanan pangan dengan Jimmy Hantu Foundation di Kampung Nyalindung, Desa Sukamantri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis.

“Ini ada hantu yang bisa bantu banyak orang namanya Jimmy Hantu. Beliau ternyata dari Sragen dan sudah menetap di Bogor dari tahun 2006," kata Ganjar.

Jimmy Hantu Foundation adalah rumah besar yang bergerak di bidang pertanian, sosial, dan kemasyarakatan serta memproduksi pupuk organik secara mandiri. Adapun Jimmy Hantu Foundation dimiliki seorang warga Kampung Nyalindung, Desa Sukamantri bernama Sujimin.

"Lahan kurang lebih 16 hektare yang diberdayakan menjadi agrowisata, enggak ada satu jengkal tanah yang nganggur," ujarnya.

Ganjar memuji langkah Jimmy Hantu yang mempunyai inovasi untuk melakukan yang terbaik di tengah masyarakat. Salah satunya adalah pelatihan pertanian, badan usaha milik desa (Bumdes) dan pelatihan bagi pelajar maupun masyarakat lainnya.

“Semuanya organik dan menarik banyak orang belajar di sini. Ternaknya komplit, termasuk water manajemen pengelolaan airnya bagus," ungkapnya.

Dikatakannya, apa yang sudah dilakukan Jimmy Hantu Foundation merupakan sebuah langkah kongkret upaya untuk menjaga ketahanan pangan.

“Dunia pertanian, dunia pangan dan Pak Jimmy ini keren, karena beliau selalu berpikir bagaimana kita tahan dari sisi pangan, ada ikannya ada ternaknya ada sayurannya sampai pupuknya,” tutur Ganjar.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Pendidikan kunci pemberantasan kemiskinan

Baca juga: Andi Widjajanto beberkan tugas pokok di TPN Ganjar Presiden

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023