Beijing (ANTARA) - Dewan Negara China telah merilis sebuah dokumen pedoman yang menjabarkan kebijakan dan langkah-langkah untuk mendorong pengembangan keuangan inklusif yang berkualitas tinggi selama lima tahun ke depan.

Dalam waktu lima tahun, sistem keuangan inklusif yang berkualitas tinggi pada dasarnya akan terbentuk, menurut dokumen tersebut.

Dokumen itu memperkirakan bahwa kemajuan akan tercapai dalam hal aksesibilitas layanan keuangan dasar, kemudahan memperoleh pendanaan, dukungan untuk revitalisasi pedesaan, edukasi dan perlindungan konsumen, pengendalian risiko keuangan, serta berbagai mekanisme pendukung lainnya.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk menyempurnakan produk dan layanan keuangan inklusif utama, meningkatkan kualitas layanan keuangan yang berkaitan dengan mata pencarian masyarakat, serta mendukung pembangunan berkelanjutan bagi usaha kecil dan mikro, revitalisasi pedesaan, serta pembangunan hijau dan rendah karbon, menurut dokumen itu.

Dokumen tersebut juga menyerukan dilakukannya upaya untuk memajukan reformasi struktural sisi penawaran keuangan, mencegah risiko keuangan di area-area utama, memperkuat literasi keuangan dan kemampuan masyarakat, serta meningkatkan perlindungan hak-hak konsumen keuangan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023