Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Data Manusia (BKPSDM) membuka pendaftaran lelang jabatan atau open bidding untuk mengisi kekosongan enam kursi eselon II.

Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Bogor, Benny Delyuzar, di Bogor, Jawa Barat, Kamis, menjelaskan, pendaftaran seleksi terbuka untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama itu dibuka secara daring pada 10-24 Oktober 2023.

Enam jabatan tersebut yaitu kepala BKPSDM, kepala Dinas Koperasi dan UMKM, sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Baca juga: Pemprov DKI lelang jabatan 12 posisi SKPD pada pekan depan

Kemudian, kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, serta kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan.

Proses lelang jabatan ini diawali dengan seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak pada 10-25 Oktober 2023, lalu ditutup dengan pengumuman hasil seleksi pada 2 November 2023.

"Informasi lengkapnya bisa diakses di laman resmi BKPSDM, bkpsdm.bogorkab.go.id," kata dia.

Baca juga: Legislator berharap Sekda DKI dijabat figur komunikatif

Sebelumnya, Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menyebutkan ada 10 kursi eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor yang mengalami kekosongan.

Sebanyak 10 kursi eselon II yang kini diisi oleh Pelaksana tugas (Plt) yaitu kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kepala Dinas Lingkungan Hidup, kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia, kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan.

Kemudian, kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, kepala Dinas Koperasi dan UMKM, sekretaris DPRD, staf ahli Bidang Administrasi dan Keuangan, serta staf ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Baca juga: Pemprov DKI sebut seleksi terbuka jabatan sekda berlaku nasional

Setiawan yang dilantik menjadi bupati Bogor awal September 2023, sedang merombak susunan pejabat di Pemerintah Kabupaten Bogor. Sejak pertengahan September 2023 ia melantik ratusan pejabat eselon III dan IV setelah sepekan sebelumnya merotasi sebanyak sembilan pejabat eselon II.

Ia menjelaskan, pelantikan tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan agar pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat berjalan lancar, juga untuk pengembangan karir pegawai.

Sehingga, kata dia, ketika jabatan Bupati Bogor diisi oleh penjabat (Pj) pada akhir Desember 2023, tidak perlu bersusah payah untuk mengisi kursi-kursi jabatan di Pemerintah Kabupaten Bogor yang kosong.

Baca juga: Pemprov DKI buka pendaftaran seleksi jabatan sekda

“Jangan sampai nantinya Pj Bupati sibuk untuk mengisi jabatan kosong baik itu promosi maupun mutasi, saat mulai bertugas selama satu tahun lebih, jadi sekarang kita isi dulu,” ujarnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023