Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengharapkan media massa turut menyampaikan pencapaian-pencapaian kinerja pemerintah, selain isu-isu politik yang sedang menghangat saat ini menjelang Pemilu 2024.

“Memang isu-isu politik saat ini menguat, tapi jangan hanya politik saja yang disampaikan, capaian kinerja pemerintah juga perlu diberitakan agar masyarakat tahu apa saja yang sudah dilakukan dan dicapai pemerintah,” katanya di hadapan para pemimpin redaksi dalam pengarahan media bertema "Capaian Kinerja Pemerintah 2023" di Jakarta, Kamis malam.

Dalam keterangan tertulis, ia mengatakan, selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Indonesia tidak hanya bisa bertahan dan bangkit dari krisis pandemi COVID-19, melainkan juga telah melakukan banyak lompatan kemajuan dan pembangunan.

Ia mencontohkan kebijakan hilirisasi yang sudah memberikan dampak positif, di antaranya, peningkatan nilai ekspor. Nilai ekspor nikel melompat menjadi 5,95 miliar dolar AS setelah penerapan hilirisasi dari sebelumnya 0,65 miliar dolar AS.

Baca juga: Survei Indikator: 81 persen responden puas dengan kinerja Jokowi

Selain itu, kata dia, pemerintah memperbaiki tata kelola investasi dengan mereformasi birokrasi, menyederhanakan regulasi, dan meningkatkan efisiensi logistik.

“Hasilnya nilai investasi kita melejit melampaui target pemerintah (Rp1.207 triliun, red.),” katanya.

Selain itu, katanya, di tingkat global, Indonesia mampu kembali menjadi pemain utama. Hal itu dibuktikan dengan Indeks Skor Pengaruh Diplomasi Indonesia yang melejit, bahkan mengalahkan Singapura.

“Tentu ini sudah kita lihat bersama, bagaimana peran kita (Indonesia, red.) pada G20 dan KTT ASEAN. Presiden Jokowi juga menunjukkan kepiawaiannya berdiplomasi untuk menyelesaikan persoalan geopolitik Rusia dan Ukraina,” kata dia.

Capaian Kinerja Pemerintah 2023 akan dibukukan dan diluncurkan secara resmi pada 24 Oktober 2023.

“Saya ingin mengajak kita melakukan zoom out melihat perjalanan negara kita dalam empat tahun terakhir melalui laporan tahunan yang diluncurkan,” kata dia.

Baca juga: Luhut minta menteri tunjukkan kinerja maksimal di periode akhir Jokowi
Baca juga: Moeldoko bahas kerja sama dengan Pemerintah Kota Chongqing China
Baca juga: KSP: Tahun politik jadi pertarungan gagasan demi lanjutkan pembangunan


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023