Dewan Moneter (pengatur suku bunga bank) telah memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,50 persen,"
Budapest (ANTARA New) - Bank sentral Hongaria mengambil langkah penurunan skala suku bunga lagi pada Selasa, memangkas suku bunga acuan sebesar seperempat poin ke tingkat terendah 4,50 persen.

Ini adalah penurunan bulanan ke-10 berturut-turut sejak siklus pelonggaran dimulai pada Agustus tahun lalu.

Mata uang forint menguat. Di seluruh Eropa tengah dan hingga Turki, menjadi fokus utama perhatian untuk para analis adalah iklim dan prospek untuk penurunan suku bunga.

"Dewan Moneter (pengatur suku bunga bank) telah memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,50 persen," kata MNB dikutip AFP.

Penurunan, yang ketiga sejak Gyorgy Matolcsy -- sekutu setia Perdana Menteri Viktor Orban -- mengambil alih posisi sebagai gubernur bank sentral pada Maret, secara luas ditunggu oleh para ekonom karena hasil ekonomi positif baru-baru ini.

Hongaria mencatat pertumbuhan 1,7 persen pada kuartal pertama tahun ini, keluar dari resesi yang dimulai pada awal 2012, sementara inflasi pada April turun menjadi 1,7 persen, tingkat terendah sejak 1974.

Negara ini juga diharapkan segera meninggalkan defisit yang berlebihan melanggar prosedur yang dikenakan oleh Brussels sejak Hongaria memasuki Uni Eropa pada 2004.

Penurunan suku bunga menyebabkan mata uang Hongaria forint menguat menjadi 285,73 terhadap euro setelah pengumuman pada 12.00 GMT, dibandingkan dengan 286,50 sesaat sebelumnya.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013