Jakarta (ANTARA) - Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menghadiri rapat para ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang dijadwalkan Jumat malam.

"Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akan hadir. Beliau sangat berkomitmen dalam setiap agenda bersama Bapak Prabowo karena meyakini komunikasi, kebersamaan, dan komitmen dalam koalisi amatlah penting dalam meraih kemenangan di Pilpres 2024 dan mewujudkan cita-cita rakyat, bangsa, dan negara ini menuju Indonesia Emas 2045," kata Herzaky dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Meski belum dapat membeberkan detil isi pertemuan para ketua umum (ketum) partai politik anggota KIM, dia tak menampik bahwa dalam pertemuan tersebut akan membahas perihal pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Untuk agenda pertemuan, masih menjadi ranah para ketum. Tentu pendaftaran capres-cawapres yang sudah semakin mendekat bakal menjadi salah satu bahasan, termasuk isu-isu krusial terkini lainnya," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa pertemuan elite partai politik anggota KIM kian intens digelar untuk membahas pemenangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Baca juga: Prabowo paparkan 12 fokus kebijakan dalam pertemuan ketum parpol KIM

"Parpol KIM, baik di tingkat ketum, sekjen maupun unsur-unsur lainnya sudah rutin mengadakan pertemuan untuk membahas pemenangan Pak Prabowo. Makin ke sini, makin intens," ucapnya.

Herzaky pun menegaskan komitmen Partai Demokrat untuk terus mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

"Dan meyakini ide, gagasan, pemikiran, kapabilitas, dan kompetensi Pak Prabowo sangatlah sesuai dengan figur Presiden yang dibutuhkan untuk rakyat, bangsa, dan negara di 2024-2029," kata dia.

Sebelumnya, Kamis (12/10), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut bahwa para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) dijadwalkan mengadakan rapat pada Jumat malam untuk membahas usulan nama calon wakil presiden pendamping Prabowo.

"Usulan-usulan (nama cawapres) itu akan saya bawa ke forum rapat ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju yang rencananya besok malam akan kita selenggarakan," ujar Prabowo dalam sesi tanya jawab dengan wartawan usai menerima kunjungan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di kediamannya di Jakarta Selatan, Kamis.

Menteri Pertahanan RI tersebut merupakan bakal calon presiden (capres) yang diusung oleh partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gelora, PAN, PBB, dan Partai Garuda.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023