London (ANTARA) - Perekonomian Inggris tumbuh 0,2 persen secara bulanan pada Agustus 2023, menyusul penurunan 0,6 persen pada Juli, demikian disampaikan oleh Kantor Statistik Nasional (Office for National Statistics/ONS) Inggris pada Kamis (12/10).

Output jasa naik 0,4 persen pada bulan tersebut, yang menjadi kontributor utama pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB), sedangkan output produksi susut 0,7 persen dan sektor konstruksi turun 0,5 persen, ungkap ONS sebagaimana diwartakan Xinhua pada Jumat.

Di sektor jasa, pendidikan telah kembali ke level normal, sedangkan pemrogram dan perekayasa komputer keduanya mengalami kinerja yang baik, kata Darren Morgan, direktur statistik ekonomi di ONS.

Dalam kurun tiga bulan hingga Agustus, perekonomian Inggris meningkat sebesar 0,3 persen, dengan pertumbuhan di seluruh sektor.

"Inggris mengalami pertumbuhan pada Agustus, tetapi hanya sedikit, yang menunjukkan bahwa beban biaya pinjaman yang tinggi dan krisis biaya hidup yang meluas masih membebani sentimen konsumen dan perusahaan," tutur Susannah Streeter, kepala keuangan dan pasar di perusahaan jasa keuangan Hargreaves Lansdown.
 
 



 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023