Pusat TCM ini akan berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi praktisi medis
Phnom Penh (ANTARA) - Pusat Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine/TCM) China-Kamboja diluncurkan di Phnom Penh, ibu kota Kamboja, pada Kamis (12/10), dengan tujuan untuk mengembangkan TCM di negara Asia Tenggara itu, lapor Xinhua pada Jumat.

Menteri Kesehatan Kamboja Chheang Ra, Kepala Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China Yu Yanhong, serta Duta Besar China untuk Kamboja Wang Wentian bersama-sama meresmikan pusat pengobatan tersebut, yang berlokasi di Rumah Sakit Persahabatan Kamboja-China Preah Kossamak.

Berbicara dalam acara peresmian tersebut, Chheang Ra mengatakan pusat kesehatan itu merupakan pencapaian baru di bidang kesehatan di bawah kerangka kerja sama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra antara Kamboja dan China.

"Pusat ini memberikan momentum baru bagi pengembangan sektor kesehatan di Kamboja, yang memberikan kontribusi lebih lanjut dalam membangun komunitas Kamboja-China yang berkualitas tinggi, bertingkat tinggi, dan berstandar tinggi dengan masa depan bersama di era baru," tutur Chheang Ra.

Yu mengatakan China menaruh perhatian pada pengembangan TCM, seraya menyampaikan bahwa TCM sangat efektif untuk mengobati sejumlah penyakit.

China akan membantu mengembangkan Pusat TCM China-Kamboja menjadi pusat TCM berkualitas tinggi di luar negeri, imbuh Yu.

Sementara itu Wang berkata pusat tersebut merupakan langkah baru dalam kerja sama kedua negara di bidang pengobatan tradisional.

"Pusat ini tidak hanya akan menawarkan perlindungan kesehatan kepada masyarakat setempat di Kamboja, namun juga menyediakan tenaga profesional TCM berkualitas tinggi dan tingkat tinggi bagi praktisi medis Kamboja," ujarnya.

Wakil direktur rumah sakit tersebut, Mey Sithach, mengatakan tim pengobatan tradisional China, yang bekerja di Klinik Pengobatan China yang terletak di rumah sakit tersebut, sejauh ini telah memberikan layanan pemeriksaan dan pengobatan medis berkualitas tinggi kepada sekitar 11.791 pasien.

Dia mengatakan pusat itu sangat bermanfaat, menawarkan diagnosis medis, dan melayani kebutuhan perawatan kesehatan masyarakat Kamboja.

"Pusat TCM ini akan berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi praktisi medis di seluruh Kamboja untuk mendapatkan wawasan mengenai TCM," katanya kepada Xinhua. "Pusat ini juga akan mempromosikan kerja sama antara pengobatan tradisional China dan pengobatan tradisional Kamboja."


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023