Awalnya ada 44 penambahan penerbangan, namun menjelang ajang MotoGP Mandalika ini bertambah menjadi 77 penerbangan
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - AirNav Indonesia Cabang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, tercatat sejak tanggal 11 hingga 16 Oktober 2023, ada 77 permintaan penambahan penerbangan di luar jadwal reguler menjelang ajang MotoGP Mandalika.

"Awalnya ada 44 penambahan penerbangan, namun menjelang ajang MotoGP Mandalika ini bertambah menjadi 77 penerbangan," kata General Manager AirNav Indonesia Cabang Lombok, Kiki Adrian di Praya, Jumat.

Penambahan rute penerbangan ke Lombok itu tidak hanya dari pihak maskapai penerbangan, namun dari pihak perusahaan yang memiliki jet pribadi. Rute penambahan penerbangan itu mulai dari Jakarta, Bali, Surabaya, Kuala Lumpur dan Labuhan Bajo.

"Untuk mengantisipasi terjadinya delay, kita telah menyesuaikan jam operasional menjadi 24 jam untuk mendukung ajang MotoGP Mandalika," katanya.

Sebagai bentuk dukungan penuh AirNav Indonesia terhadap perhelatan Moto GP 2023 ini, AirNav Indonesia juga siap untuk menampung permintaan extra-flight baik untuk penerbangan kargo, charter atau keperluan lainnya selama perhelatan MotoGP berlangsung melalui aplikasi CHRONOS.

Selain penambahan jadwal penerbangan, sebagai jaminan keamanan, kenyamanan dan keteraturan dalam pelayanan navigasi penerbangan selama perhelatan MotoGP 2023, maka AirNav Indonesia juga menerbitkan sejumlah NOTAM selama perhelatan MotoGP 2023.

Tidak sampai di situ, dukungan AirNav Indonesia juga termasuk akan kesiapan fasilitas navigasi penerbangan prima di AirNav Indonesia Cabang Lombok.

"Frekuensi pengecekan fasilitas kami tingkatkan untuk memastikan kehandalan seluruh fasilitas di AirNav cabang Lombok, guna kelancaran layanan navigasi penerbangan. Semua telah kami siapkan sebaik mungkin untuk nama baik Indonesia di mata dunia," katanya.

Ia mengatakan, AirNav Indonesia siap mendukung penuh dalam pelayanan navigasi penerbangan, tidak hanya pelayanan optimal dari personel kami tapi juga kesiapan fasilitas navigasi yang prima, untuk kesuksesan seluruh rangkaian perhelatan MotoGP Mandalika 2023.

Perhelatan Moto GP ini adalah salah satu ajang internasional yang dapat berkontribusi bagi pemulihan ekonomi dan pariwisata nasional. AirNav Indonesia berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyukseskan MotoGP Mandalika 2023.

"AirNav Indonesia akan memberikan layanan navigasi penerbangan terbaik bagi seluruh pesawat udara yang berkepentingan dengan perhelatan berkelas internasional ini," katanya.

Baca juga: AirNav siapkan rute kedatangan pesawat Presiden Jokowi ke Mandalika
Baca juga: Marquez: Tinggalkan Honda adalah keputusan sulit
Baca juga: Pertamina diharapkan dorong Lombok jadi tujuan "sport tourism"

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023