Sleman (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Gebyar Batik Kabupaten Sleman tahun 2023 di Lapangan Pemda Sleman, Jumat.

Rangkaian Gebyar Batik Kabupaten Sleman 2023 yang diisi berbagai kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Sedangkan kegiatan dalam Gebyar Batik ini meliputi batik super great sale, membatik massal, lelang barik, seminar, workshop, dan rangkaian kegiatan lainnya yang berlangsung selama bulan Oktober hingga November 2023.

Kustini mengatakan, penyelenggaraan gebyar batik ini semakin memperkuat batik warisan budaya yang telah diakui dunia, sekaligus memperkuat keistimewaan.

"Gebyar Batik Sleman ini sarana yang bagus untuk melestarikan batik Sleman serta menjadi media yang menampilkan ragam kreativitas," katanya.

Menurut dia, rangkaian penyelenggaraan Gebyar Batik Sleman ini akan memberikan pengaruh signifikan terhadap pengembangan pelestarian dan juga peningkatan apresiasi masyarakat terhadap batik sebagai kekayaan lokal Sleman.

Dalam kesempatan tersebut Kustini juga mendorong para penggiat batik untuk terus berkarya menunjukkan kreativitas dan inovasinya, sebagai upaya memberikan nilai tidak hanya sebagai tontonan fashion, namun juga bernilai ekonomi tinggi sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan terus berkarya, berkreasi dan berinovasi, maka desain batik tidak berhenti sebagai bentuk tontonan fashion namun juga memiliki komoditas bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Sleman dalam upaya melestarikan batik Sleman, telah mengeluarkan kebijakan tentang mewajibkan ASN di lingkungan Pemkab Sleman untuk mengenakan pakaian batik pada bulan tertentu, salah satunya pada Oktober.

Usai resmi dibuka, penyelenggaraan rangkaian Gebyar Batik Sleman tahun 2023 dimeriahkan dengan penampilan flashmob tari batik yang diikuti oleh para pengrajin dan pelaku UMKM batik Sleman juga diikuti oleh Bupati Sleman beserta jajarannya.

Baca juga: Bupati jadikan Batik Sinom Parijotho Salak sebagai branding Sleman
Baca juga: Bupati Sleman terima Anugerah Kebudayaan PWI berkat batik

Baca juga: Bupati : Gebyar Batik Sleman jadi media pelestarian warisan budaya
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023