Kalau pengen di layer, mungkin bisa dipadukan dengan bahan yang lebih tipis
Jakarta (ANTARA) - Flanel merupakan salah satu fesyen item populer yang cukup digemari banyak orang dan memerlukan beberapa cara untuk memadupadankannya dengan apik agar penampilan tetap terlihat trendi.
 
Flannel bisa dipadupadankan seperti apa pun, mau gayanya sporty, street style, casual, semuanya bisa,” kata Marketing Manager UNIQLO Indonesia Lisqia Lalantika saat membagikan tips padu padan flanel dalam acara peluncuran koleksi terbaru UNIQLO “Live Life in Flannel” di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat.
 
Sebagai informasi, flanel merupakan jenis kain yang dibuat dengan proses menenun dari wol atau kapas ataupun benang dan biasanya hadir dengan motif kotak-kotak. Flanel “aman” jika dipadupadankan dengan fesyen item lainnya, misalnya celana panjang, rok, celana pendek, hingga ditumpuk dengan jenis pakaian lainnya.

Baca juga: Stella McCartney bawa busana musim semi dengan tema berkelanjutan 
 
Oleh sebab itu, menurut Lisqia yang biasa dipanggil Kiki, mengenakan flanel bisa leluasa, sebebas mungkin dengan gaya apa pun yang diinginkan.
 
Flanel dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun acara yang lebih formal, asalkan orang tahu bagaimana memadupadankan flanel agar sesuai digunakan dalam situasi tertentu. Bahkan, flanel juga dikenal sebagai salah satu fesyen item unisex, sehingga dapat digunakan oleh laki-laki maupun perempuan.
 
“Misalnya, pakai dress flannel, tapi di styling sedemikian rupa bisa jadi rok. Kalau ada semiformal event, bisa banget buat dipakai, jadi ditambah blouse (sebagai atasan),” kata Kiki.
 
Tidak hanya dress dan kemeja, flanel juga dapat hadir dalam bentuk celana panjang, celana pendek, hingga rok. Biasanya, penggunaan flanel sering dipadupadankan dengan fesyen item polos agar tidak terkesan “ramai” saat digunakan.
Beberapa ide tampilan untuk padu padan flannel agar tetap terlihat trendi saat dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Namun, flanel tetap dapat digabungkan dengan fesyen item flanel lainnya, misalnya kemeja flanel dengan celana panjang flanel. Supaya kesan “ramai” tersebut dapat diminimalisir, gunakan corak berbeda untuk atasan dan bawahan, tetapi dengan warna senada (seperti warna merah terang dengan warna merah tua) agar tetap terlihat cocok saat digunakan.

Baca juga: Album Asia: Gaya pedagang pasar di Beringharjo Fashion Day

Baca juga: Heaven Lights ajak semua wanita rayakan diri sendiri

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023