Kami bersyukur pertemuan antarpemimpin negara kepulauan berjalan lancar. Terima kasih juga atas kepercayaan yang diberikan kepada PLN....
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) mengklaim sukses menghadirkan pasokan listrik tanpa kedip selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

"Kami bersyukur pertemuan antarpemimpin negara kepulauan berjalan lancar. Terima kasih juga atas kepercayaan yang diberikan kepada PLN untuk mengawal gelaran KTT AIS Forum 2023," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Darmawan juga menyampaikan kerja keras untuk menghadirkan listrik tanpa kedip itu tidak hanya dilakukan oleh PLN sendiri, tetapi dengan bantuan dari para stakeholder yang turut membantu kesuksesan PLN selama mengawal perhelatan KTT AIS.

"Terima kasih atas kerja sama yang dibangun oleh tim PLN dengan pemerintahan, TNI, Polri serta BUMN lainnya selama ajang internasional itu digelar," ujar dia.

Baca juga: PLN pasok listrik andal selama KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua

Dengan soliditas yang dibangun baik di internal maupun eksternal, PLN mampu secara optimal menghadirkan listrik handal demi kesuksesan penyelenggara KTT AIS forum.

Sementara itu, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menekankan agar jiwa korsa terus ditumbuhkan demi menjaga nama baik bangsa dan PLN. Apalagi, saat ini beban puncak sub-sistem Bali telah melampaui konsumsi listrik pra COVID–19.

"Daya mampu kami ada 1.500 megawatt (MW), di mana saat ini menjadi beban puncak yang tertinggi, yakni sebesar 995 MW. Ini sudah melampaui beban puncak sebelum pandemi yaitu sebesar 980 MW. Untuk itu, teman-teman pembangkitan di sini telah berhasil juga menjaga keandalan," ungkap Adi.

PLN juga secara khusus memastikan kesiapan transmisi dan distribusi serta operasi sistem. Adi menjelaskan PLN telah mengganti beberapa material yang berpotensi untuk menimbulkan gangguan sehingga PLN meyakini transmisi akan berjalan dengan baik.

"Kemudian otomatisasi distribusi listrik juga sudah kami siapkan sampai ke penyaluran di tiap venue di Nusa Dua dan sekitarnya ini tentunya kami amankan dengan baik," tuturnya.

Selain itu, Adi juga menjelaskan seluruh kendali sistem telah dilakukan otomatisasi dan disiapkan dengan baik termasuk jaringan komunikasi dan sistem teknologi informasi.

"Hal ini untuk memonitor seluruh kegiatan penyaluran tenaga listrik ke masing-masing lokasi penyelenggaraan acara," kata dia.

Baca juga: PLN tanamkan keutamaan kolaborasi hadapi tantangan transisi energi

Ia mengatakan sesuatu yang tak kalah penting ialah penggunaan kendaraan listrik yang digunakan delegasi, operasional, dan pengamanan dapat berlangsung lancar.

"Kita telah berhasil menyiapkan semua charging station dengan baik. Total sebanyak 2.136 transaksi selama gelaran KTT AIS dengan akumulasi daya sebesar lebih dari 26 ribu kWh (kilowatt hour)," ucap Adi.

Sementara itu, Pemprov Bali juga mengapresiasi kinerja PLN dalam menghadirkan pasokan listrik tanpa kedip selama pelaksanaan KTT AIS tersebut.

"Penyelenggaraan KTT AIS 2023 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali berjalan dengan baik dan lancar. Saya mengapresiasi kinerja PLN yang telah menjaga keandalan pasokan listrik selama acara berlangsung," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bali Ida Bagus Setiawan.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023