Jakarta (ANTARA/JACX) – Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binasar Pandjaitan menyatakan dalam akun Instagram pribadinya jika dirinya mengalami kelelahan yang sangat luar biasa, sehingga harus dirawat di rumah sakit. 

Selain itu, untuk proses pemulihan kesehatan dirinya, Luhut mengaku mendapatkan tawaran dari sahabatnya Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan untuk dirawat di Singapura.

Sebuah unggahan video di TikTok disertai dengan video Luhut dengan serangkaian alat medis dan dinarasikan bahwa ia sedang kritis di rumah sakit Singapura.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“bantu dalam doa

LBP kritis di rumah sakit Singapore”

Namun, benarkah Video Luhut kritis di rumah sakit Singapura tersebut?

 

Unggahan video hoaks yang diklaim sebagai video Luhut sedang kritis di rumah sakit Singapura. Faktanya, video tersebut merupakan editan. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, foto tersebut merupakan editan. Unggahan foto tersebut serupa dengan unggahan Medicircle pada Desember 2020 lalu. Foto tersebut diberi keterangan “data klinis pertama dari uji coba orcat yang sedang berlangsung menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat kelangsungan hidup bebas cangkokan 12 bulan versus penyakit inang dan bebas kekambuhan pada pasien kanker darah yang menerima transplantasi sel induk hematopoietic” .

Dengan demikian, unggahan video yang diklaim merupakan video Luhut sedang kritis di rumah sakit singapura merupakan hoaks.

Klaim: Video Luhut kritis di rumah sakit Singapura

Rating: Hoaks

Cek fakta: Disinformasi! Menko Marves Luhut Pandjaitan meninggal dunia pada 7 Oktober

Cek fakta: Hoaks! Luhut akan tangkap Anies terkait IMB warga Plumpang

Baca juga: Erick Thohir akan turut emban semua jabatan Luhut di pemerintahan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023