Windownesia adalah langkah besar menuju Indonesia sebagai pusat budaya dan ekonomi yang beragam,....
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan keberadaan Windownesia memberikan akses produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia ke pasar global.
 
"Windownesia adalah langkah besar menuju Indonesia sebagai pusat budaya dan ekonomi yang beragam, dengan produk-produk unggulan Indonesia memasuki global," kata Erick dalam konferensi pers tentang Windownesia di Sarinah Duty Free Store, Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu.
 
Menteri Erick menuturkan keberadaan Windownesia mencerminkan komitmen pemerintah untuk mendukung UMKM Indonesia dan memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia ke pasar internasional.
 
"Ini langkah bersejarah dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat budaya dan ekonomi dengan segala keberagamannya," ujarnya.

Baca juga: Bazar UMKM milik perempuan untuk Indonesia diselenggarakan di Sarinah
 
Sarinah, BUMN ritel Indonesia, meluncurkan Toko Windownesia pertama pada 11 Oktober 2023 di Perth, Australia.

Windownesia merupakan wujud kerja sama strategis antara PT Sarinah dan Dufry International AG yang merupakan operator toko bebas bea terbesar di dunia. Menteri Erick mengapresiasi kolaborasi yang akan mengangkat produk lokal dan UMKM Indonesia ke pasar global tersebut.
 
"Inisiatif kolaborasi ini bertujuan memberikan wadah khusus untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk Indonesia pada beragam kanal distribusi Dufry yang mengoperasikan toko bebas bea di seluruh dunia," tuturnya.
 
Peluncuran Windownesia di Terminal Kedatangan, Perth Airport TNG (Australia) Pty Ltd, 2 George Wiencke Drive Perth Airport, Australia, menandai awal perjalanan dalam mempromosikan produk-produk Tanah Air ke pasar dunia.
 
Erick menambahkan pembukaan Windownesia akan menjadi reciprocal business yang menempatkan Indonesia tidak hanya sebagai pasar, tapi juga bisa menyuplai produk dan merk (brand) unggulan Indonesia ke pasar internasional.

Baca juga: Menteri BUMN resmikan situs Indonesia Incorporated

Sementara itu Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan kerja sama peluncuran Windownesia sejalan dengan misi Sarinah untuk memberdayakan UMKM lokal dan menjadikan Indonesia pusat kreativitas dan kerajinan dunia.
 
Fetty menuturkan Windownesia sebagai jendela Indonesia di luar negeri, sekaligus turut mempromosikan pariwisata Indonesia. Sarinah rencananya akan membuka lebih banyak Windownesia di negara-negara lain di Asia, Timur Tengah, dan Eropa.
 
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023