Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA selama sepekan (8–14 Oktober 2023), mulai dari KTT AIS Forum 2023 hingga organisasi relawan Pro Jokowi (Projo) mendeklarasikan dukungannya untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

Berikut berita politik sepekan yang dirangkum ANTARA.

1. Menkominfo pastikan jaringan internet kencang di KTT AIS Forum

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan fasilitas jaringan internet kencang di media center KTT AIS Forum 2023, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung.

"Fasilitas oke, bisa membuat nyaman dan membantu kerja para jurnalis," kara Menkominfo Budi Arie Setiadi di sela meninjau media center KTT AIS Forum 2023, Selasa.

Selengkapnya di sini.


2. Jokowi lama tak bertemu Gibran yang diisukan jadi bakal cawapres

Presiden Joko Widodo mengaku sudah lama tidak bertemu putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka yang belakangan disebut-sebut akan menjadi bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto.

"Beberapa bulan nggak pernah ketemu," kata Jokowi di sela kegiatannya di Indramayu, Jawa Barat, Jumat.

Selengkapnya di sini.


3. Prabowo minta pimpinan KIM sementara tak berpergian jauh dari Jakarta

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto meminta pimpinan partai-partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk tidak berpergian terlalu jauh dari Jakarta terutama menjelang masa pendaftaran capres-cawapres ke KPU.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan Prabowo menyampaikan itu saat rapat bersama ketua umum dan sekretaris jenderal (sekjen) partai dari Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat malam (13/10).

Selengkapnya di sini.


4. Jusuf Kalla ambil posisi netral dalam Pemilu 2024

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menegaskan tidak ikut dukung-mendukung dalam Pemilu 2024 demi menjaga keutuhan Tanah Air.

"Sekali lagi saya tegaskan bahwa saya dalam posisi tidak ikut langsung. Artinya menjaga bagaimana negeri ini utuh," tegas JK dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.


5. Projo nyatakan dukungan untuk Prabowo pada Pilpres 2024

Organisasi relawan Pro Jokowi (Projo) mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) yaitu Prabowo Subianto.

Deklarasi itu disampaikan di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu sore.

“Projo sepakat untuk mendukung Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 mendatang,” kata Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi pada acara deklarasi di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023