Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumsel memperkirakan musim hujan di wilayah itu dimulai pada bulan November 2023.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel Wandayantolis di Palembang, Minggu, mengatakan, prakiraan hujan itu berdasarkan pemodelan dan instrumen yang digunakan oleh BMKG dan terlihat ada peningkatan potensi awan yang berpotensi hujan pada November 2023. Tetapi pada akhir transisi membuat potensi awan dan hujan akan cukup banyak di wilayah Sumsel, sehingga karhutla akan selesai.

"Akan menjadi salah satu instrumen berakhirnya episode asap di Sumsel. Itu (hujan) akan bertahan sampai dengan Februari 2024, tapi dari segi pola musim di Sumsel itu secara umum sebenarnya Oktober sudah musim hujan. Karena adanya El Nino, curah hujan ini mundur 10 sampai 30 hari dari biasanya, sehingga baru akan mulai terlihat adanya hujan secara sporadis di beberapa wilayah Sumsel pada akhir Oktober," katanya.

Baca juga: BMKG prakirakan musim hujan di NTT bakal mundur ke November-Desember

Ia mengatakan, di bawah tanggal 20 bulan Oktober 2023, potensi hujan di Sumsel kecil. Hal itu, karena pertumbuhan awan sangat kecil dengan adanya teknik modifikasi cuaca (TMC) bibit hujan dapat meluas.

"Kalau untuk sekarang seluruh wilayah Sumsel sangat kecil pertumbuhan awan yang muncul di Palembang dan sekitarnya, tetapi pada akhir Oktober pertumbuhan awan meluas dari utara, pindah ke bagian selatan di sisi barat, kemudian bagian timur konsentrasi terbesar di bagian utara dan barat tapi kita berharap terjangkau di wilayah timur OKI," ujarnya.

Baca juga: BMKG V prakirakan puncak musim hujan di Papua Februari 2024

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi Pemprov Sumsel karena mampu menekan jumlah pertumbuhan titik panas (hotspot).

"Ini artinya analisis dari kami bahwa penanganan yang dilakukan sejak awal tahun oleh kepala daerah dan jajaran di Pemprov Sumsel cukup berhasil menekan hotspot," kata Wadayantolis.

Baca juga: BMKG prakirakan puncak musim hujan Desember 2022-Januari 2023
Baca juga: BMKG prakirakan Jateng masuki musim hujan Oktober
Baca juga: November 2020 awal musim penghujan di Sulsel

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023