....yang pasti ketersediaan beras di Papua bisa memenuhi kebutuhan warga sampai dengan Hari Raya Natal Desember.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengatakan stok beras yang ada pada gudang milik Perum Bulog Kantor Wilayah Papua dan Papua Barat mencapai 12.439 ton, sehingga diperkirakan aman hingga lima bulan ke depan.

"Berdasarkan data Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat ketersediaan beras di gudang mencapai hingga kini mencapai 12.439 ton dan yang akan dikeluarkan per bulan 2.431 ton, sehingga dipastikan ketahanan stok beras di Papua aman hingga lima bulan ke depan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri A Yudianto, di Jayapura, Senin.

Menurut Jeri, dari total stok beras tersebut sebanyak 2.959 ton berada di Kantor Wilayah Jayapura kemudian 236 ton di Kantor Cabang Biak dan 2.019 ton pada Kantor Cabang Pembantu di Serui.

"Sehingga total beras yang ada di gudang pada tiga wilayah ini sebesar 5.215 ton di mana jumlah yang ada saat ini akan ditambah dengan beras yang masih dalam perjalanan sebanyak 2.808 ton," ujarnya.

Dia menjelaskan, selain itu rencananya beras yang akan masuk ke Papua sebanyak 4.900 ton dengan demikian pihaknya memastikan pasokan stok beras di daerah itu aman.

Terkait itu pihaknya mengimbau kepada seluruh warga di daerah itu tidak perlu khawatir dengan ketahanan beras, sebab stok yang ada mampu bertahan hingga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami minta supaya warga tidak terlalu khawatir yang pasti ketersediaan beras di Papua bisa memenuhi kebutuhan warga sampai dengan Hari Raya Natal Desember," katanya lagi.

Dia mengatakan di samping bahan pangan beras, Papua juga memiliki sumber pangan lainnya, seperti sagu dan ubi yang sangat membantu cadangan pangan serta meningkatkan potensi nilai ekonomi lokal.
Baca juga: DPMK Papua Barat teken kerja sama Bumdes serap beras lokal
Baca juga: Pemkot Jayapura rencanakan operasi pasar murah sebanyak 20 kali

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023