Menjaga keandalan layanan kepada pelanggan, mengurangi risiko kecelakaan, dan mendukung serta menjaga keindahan kota.
Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) bersama Sub Holding PLN Icon Plus Regional Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur senantiasa berkomitmen untuk menjaga keandalan layanan dan keamanan jaringan dengan melakukan kegiatan penataan dan kerapian pada aset kabel optik yang terpasang di jaringan tiang milik PLN.

Senior Manager PLN Icon Plus Regional Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur Rizky Ardiana Bayuwerty menjelaskan bahwa kegiatan penataan dan kerapian kabel optik ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang sudah rutin dilakukan oleh PLN Icon Plus.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keandalan layanan kepada pelanggan, mengurangi risiko kecelakaan, dan tentunya untuk mendukung serta menjaga keindahan kota,” kata Rizky, di Makassar, Senin.

Rizky mencatat, PLN Icon Plus Regional Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur menerjunkan dua tim yang bekerja dengan penuh ketaatan terhadap standar Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3).

Dia menambahkan, petugas yang berada di lapangan juga dilengkapi dengan peralatan alat pelindung diri (APD) lengkap, menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja selama pelaksanaan kegiatan.

Rizky menegaskan PLN Icon Plus berkomitmen secara konsisten melaksanakan kegiatan merapikan ini demi menjaga kepuasan pelanggan dan memberikan kontribusi positif terhadap keindahan dan keamanan pengguna jalan.

"PLN Icon Plus berharap bahwa melalui kegiatan ini, masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dalam bentuk layanan listrik maupun internet yang lebih andal, serta jaminan keamanan dalam menggunakan jalan di wilayah Sulawesi," ujar Rizky.

Pada kesempatan yang berbeda, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan selain untuk menjaga keandalan layanan kepada pelanggan, memitigasi bahaya akibat kabel yang kurang rapi, serta turut menjaga keindahan estetika kota Makassar.

"Sebagai informasi jarak aman bangunan, pohon maupun pekerjaan konstruksi adalah tiga meter dari jaringan listrik. Oleh karena itu PLN juga senantiasa melakukan inspeksi jaringan secara rutin guna memastikan keamanan masyarakat dan meminimalisir pembangunan atau pekerjaan bangunan yang mendekati jaringan," ujar Andy.

Andy juga mengimbau masyarakat agar dapat menyampaikan informasi apabila melihat atau melakukan pekerjaan di dekat jaringan listrik dan berpotensi bahaya untuk dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile atau dapat menghubungi Contact Center PLN di nomor 123.

"Selain itu, jika ada potensi gangguan akibat pohon yang mendekati jaringan, PLN turut mengimbau masyarakat untuk memberikan info melalui kanal tersebut," ujarnya lagi.
Baca juga: Pembangunan jaringan transmisi PLN tidak terdampak COVID-19

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023