Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak humas pemerintah membangun kewaspadaan nasional menjelang tahun politik 2024 melalui Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas).

“Melalui Forum Tematik Bakohumas-BNPT RI hari ini, kami menyosialisasikan bahwa BNPT telah menginisiasi Desa Siap Siaga dalam rangka meningkatkan kewaspadaan nasional dari bahaya ancaman radikal terorisme. Semoga humas pemerintah yang tersebar mulai tingkat pusat hingga daerah dapat ikut menggaungkan secara optimal komunikasi publik terkait program kesiapsiagaan nasional,” kata Sekretaris Utama BNPT RI Bangbang Surono dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Bangbang menjelaskan Bakohumas berupaya menciptakan persamaan persepsi antara BNPT dan kementerian/lembaga mengenai pentingnya membangun kewaspadaan nasional terhadap radikalisme dan terorisme.

“Kita harus memiliki kebulatan tekad untuk secara bersama-sama dapat mencapai sasaran yang sama, yaitu amannya Pemilu 2024 dari isu-isu yang dapat menyebabkan perpecahan di tengah masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Bangbang mengatakan kewaspadaan nasional perlu dibangun dari desa yang merupakan unit terkecil pemerintahan.

Baca juga: Kepala BNPT kutuk ideologi kekerasan peringati 21 tahun Bom Bali
Baca juga: Bhante Dhirapunno: Toleransi membangun peradaban dalam perbedaan


Menurutnya, kewaspadaan nasional dapat dibangun dengan baik di tingkat desa dapat berperan penting dan efektif dalam meningkatkan kewaspadaan hingga ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

“Melalui Desa Siap Siaga diharapkan kewaspadaan nasional ini tidak hanya tumbuh di kota-kota besar saja tetapi juga di desa-desa yang merupakan tingkat pemerintahan terkecil dari struktur pemerintahan yang ada sehingga nanti kalau kesiapsiagaan,” ucap Bangbang.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong mendukung penuh program tersebut.

Usman yang juga merupakan Ketua Bakohumas itu mengatakan membangun kewaspadaan nasional dari tingkat desa sangat penting dalam rangka mewujudkan pemilu yang bebas dari ancaman radikalisme dan terorisme.

“Kegiatan ini penting jelang Pemilu 2024. Dalam Bakohumas ini kita koordinasikan humas pemerintah untuk ikut menggaungkan program BNPT terkait dengan Desa Siap Siaga sehingga tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat desa untuk waspada dengan radikalisme dan terorisme,” imbuh Usman.

Dalam Forum Tematik Bakohumas yang digelar di Jakarta pada hari ini BNPT RI mengundang puluhan Kementerian/lembaga ikut berperan aktif mendukung program Desa Siap Siaga melalui penyebarluasan informasi kepada pemangku kepentingan.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023