Beijing (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengutip kata-kata bijak mendiang Bruce Lee, legenda bela diri asal Hong Kong, ketika berbicara soal investasi di Indonesia di depan para pengusaha China.

"Investasi di Indonesia itu mudah dan aman, namun kata Bruce Lee, 'Knowing is not enough, we must apply. Willing is not enough, we must do. We must do'," kata Jokowi dalam acara "Indonesia-China Business Forum" di Beijing, China pada Senin.

Forum tersebut dihadiri sekitar 200 pengusaha China dan 100 pengusaha asal Indonesia.

"Karena Indonesia saat ini sedang fokus untuk melakukan hilirisasi industri, yang tidak hanya di komoditas nikel, tapi juga tembaga, timah, dan yang lain-lain. Karena Indonesia ingin bangun ekosistem kendaraan listrik, ekosistem EV (electric vehicle) yang terintegrasi untuk menjadi bagan penting rantai pasok dunia," katanya.

Menurut Jokowi, semua rencana itu memerlukan alih teknologi tinggi dan investasi, terlebih jika dipadukan dengan sumber teknologi hijau yang melimpah di Indonesia.

Teknologi hijau itu dapat menghasilkan produk-produk hijau (ramah lingkungan) sehingga menciptakan ekosistem ekonomi hijau, katanya.

"Potensi energi baru terbarukan di Indonesia luar biasa. Hitungan terakhir kami, (potensinya) mencapai 3.600 MW. Contohnya, potensi tenaga surya lebih dari 3.200 MW. Ini salah satu yang terbesar (di dunia) dan ada di Indonesia 4.400 sungai yang potensial untuk hidropower," kata Jokowi, mengungkapkan.

Salah satu contoh adalah Sungai Kahyang di Kalimantan Utara, yang menjadi sumber energi hijau dan dipersiapkan untuk "green industrial park", katanya.

"Selain itu, Indonesia sedang membangun Nusantara, ibu kota baru, 'our new capital city'. Kota hijau dalam rimba yang 60 persennya adalah hutan, kota netral karbon pertama di Indonesia. Pembangunan infrastruktur dasar serta pusat pemerintahan (di sana) diperkirakan tahun depan akan diselesaikan," kata Jokowi.

Menurut Presiden, hingga Oktober 2023 ada 21 investor dari dalam dan luar negeri yang sudah dan akan segera melakukan "groundbreaking" di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan total investasi senilai 2 miliar dolar AS (sekitar Rp31,4 triliun) .

Acara di Beijing itu dihadiri pula oleh Wakil Menteri Perdagangan China Li Fei, Ketua Kamar Dagang Indonesia bagian bilateral dengan China Garibaldi Thohir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ad-interim yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pada acara tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh 31 perusahaan Indonesia dan China, termasuk yang bergerak di bidang produksi baterai dan kelistrikan.

Baca juga: Presiden Jokowi ke pengusaha China: Jangan khawatir Pemilu 2024
Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Beijing untuk menghadiri Belt and Road Forum

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023