Shanghai (ANTARA) - Direktur Administrasi Kebudayaan dan Pariwisata Kota Shanghai Fang Shizhong mengatakan pasar untuk karya seni dan barang antik di kota itu telah mencapai pertumbuhan yang kuat, dengan volume melampaui angka 10 miliar yuan (1 yuan = Rp2.149).

Dia mengatakan pada 2022, volume perdagangan pasar karya seni dan barang antik mencapai 12,85 miliar yuan, meningkat 44 persen dari 2019.

Menurut data, total nilai impor dan ekspor karya seni dan barang antik mencapai 10,28 miliar yuan, naik 61 persen dari 2019.

Fang menjelaskan pertumbuhan kuat yang berkelanjutan antara lain didorong oleh Pameran Impor Internasional China (CIIE) dan Pekan Perdagangan Karya Seni Internasional Shanghai (Shanghai International Artwork Trade Week).

CIIE edisi keenam tahun ini, yang dijadwalkan berlangsung pada 5-10 November, akan menghadirkan 19 perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran seni dan barang antik, dengan area ekshibisi yang mencatatkan rekor.

Setelah CIIE, Pekan Perdagangan Karya Seni Internasional Shanghai ke-5, yang akan berlangsung pada 9-13 November, akan mempertemukan lebih dari 250 institusi seni domestik maupun internasional, dengan total nilai barang diperkirakan melampaui 10 miliar yuan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023