Kabul (ANTARA) - Upacara serah terima batch pertama material bantuan gempa bumi dari China untuk Afghanistan digelar pada Minggu (15/10) di Kabul, ibu kota Afghanistan.

Dalam upacara itu, Duta Besar China untuk Afghanistan Zhao Xing menandatangani sertifikat serah terima bantuan dari pemerintah China dan Palang Merah China masing-masing bersama Pelaksana Tugas Menteri Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional Afghanistan Mohammad Abas Akhund dan Wakil Presiden Bulan Sabit Merah Afghanistan Abdul Latif Sabit.

Zhao menyampaikan bahwa untuk membantu masyarakat di daerah-daerah terdampak gempa di Afghanistan agar dapat mengatasi kesulitan, pemerintah China memutuskan untuk menyediakan material bantuan. Keputusan ini sepenuhnya mencerminkan sentimen persahabatan rakyat China terhadap masyarakat Afghanistan.

Melalui upaya bersama dari pemerintah sementara Afghanistan dan seluruh lapisan masyarakat, warga yang terdampak gempa akan mampu mengatasi kesulitan dan membangun kembali rumah mereka, imbuh Zhao. 

Akhund menuturkan bahwa otoritas Afghanistan terkait sedang melakukan upaya rekonstruksi dan bantuan darurat di Provinsi Herat, mendistribusikan material bantuan kepada warga yang terdampak gempa dan membangun tempat penampungan sementara
Pasokan bantuan kemanusiaan China sangat tepat waktu, dan Afghanistan sungguh berterima kasih atas hal itu dan akan selalu mengingatnya, ujar Akhund.

Sabit menjelaskan situasi di Provinsi Herat, Afghanistan barat, sejak diguncang gempa bumi serta upaya bantuan gempa yang dilakukan oleh Bulan Sabit Merah Afghanistan, dan secara tulus berterima kasih kepada pemerintah China, Palang Merah China, dan rakyat China atas bantuan tanpa pamrih dan berharga yang diberikan pada masa-masa tersulit Afghanistan.

Pada 7 Oktober, dua gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang diikuti oleh serangkaian gempa susulan mengguncang Afghanistan barat, menewaskan lebih dari 2.400 orang dan menghancurkan ribuan rumah. Gempa lainnya yang bermagnitudo 6,3 kembali mengguncang wilayah itu pada 11 Oktober.

Tak lama kemudian, pemerintah China memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan darurat ke Afghanistan. Pada Minggu, batch pertama material bantuan gempa bumi yang disediakan oleh pemerintah China tiba di Kota Herat, ibu kota Provinsi Herat, dengan pasokan bantuan dari Palang Merah China dikirim pada saat yang sama. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023