Pelaku sudah ditangkap dan sedang menjalani pemeriksaan oleh Dirreskrimsus Polda Kalbar
Pontianak (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat melakukan pemeriksaan terhadap seorang perempuan berinisiak BMN (16) terduga pelaku pembakaran bendera merah putih yang sempat viral di sosial media Senin (16/10).

"Pelaku sudah ditangkap dan sedang menjalani pemeriksaan oleh Dirreskrimsus Polda Kalbar," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya, di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan penangkapan BMN setelah Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto mendapatkan laporan informasi dari masyarakat tentang video pembakaran bendera merah putih yang diduga terjadi di Pontianak.

Video pembakaran bendera merah putih itu beredar di akun media sosial pada Senin (16/10).

Atas peristiwa tersebut, Kapolda Kalbar memerintahkan Dirreskrimsus untuk segera mengungkap pelaku dan penyebar video pembakaran bendera merah putih agar tidak terjadi kegaduhan di tengah masyarakat.

Menurut Petit, dari hasil penyelidikan Tim Siber Dirreskrimsus Polda Kalbar berhasil mengamankan BMN yang merupakan pelaku pembakaran bendera merah putih sekaligus pembuat dan penyebar video peristiwa pembakaran bendera merah putih.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, BMN melakukan aksi pembakaran bendera merah putih di sebuah rumah kosong di Komplek Bank Duta Jalan Danau Sentarum Pontianak yang tidak jauh dari rumah tempat tinggal terduga, Sabtu (14/10) sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca juga: BAP tersangka pengajak bakar merah putih dilimpahkan ke kejaksaan

Baca juga: Polda Aceh tangkap pelaku pembakaran bendera merah putih


"Pelaku mengaku membakar bendera merah putih atas kemauan sendiri hanya untuk iseng dan ingin viral," jelas Petit.

Petit juga menyampaikan dari keterangan orang tua pelaku (ayah BMN), bahwa BMN pernah ingin membunuh adik kandungnya dengan cara mengikat leher adiknya itu dengan sebuah dasi, setelah diperiksakan ke dokter yang bersangkutan didiagnosa ada gangguan kejiwaan.

Untuk itu, kata Petit, pelaku yang baru berusia 16 tahun itu menjalani pemeriksaan khusus oleh Polda Kalimantan Barat.

"Tim Polda Kalbar masih mendalami dan meminta rekam medis dan keterangan dari dokter spesialis kejiwaan pada UPT Klinik Pratama Sungai Bangkong Pontianak dan pada Unit Perawatan Intensif Psikiatrik," kata Petit.
Tim Polda Kalbar mengamankan seorang gadis berinisial BMN (16) pelaku pembakaran bendera merah putih di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Humas Polda Kalbar)
Tim Polda Kalbar mengamankan seorang gadis berinisial BMN (16) pelaku pembakaran bendera merah putih di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Humas Polda Kalbar.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023