Okupansi Kereta Suite Class Compartment, yang dirangkaikan pada KA Argo Semeru pada tanggal 10–16 Oktober mencapai 139 persen
Madiun, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyebutkan Kereta Suite Class Compartment, yang baru diluncurkan sebagai upaya untuk peningkatan pelayanan perjalanan kereta api, mendapat tanggapan positif dan banyak diminati pelanggan.

Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan sejak diluncurkan 10 Oktober 2023, okupansi Kereta Suite Class Compartment, yang dirangkaikan pada KA Argo Semeru pada tanggal 10–16 Oktober mencapai 139 persen, sedangkan Kereta Suite Class Compartment, yang dirangkaikan pada KA Bima pada tanggal 10–16 Oktober mencapai 119 persen.

"Dilihat dari data KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng–Gambir pada tanggal 10–16 Oktober jumlah penumpang Kereta Suite Class Compartment sebanyak 89 orang dan KA Bima relasi Surabaya Gubeng–Gambir pada tanggal 10–16 Oktober jumlah penumpangnya sebanyak 76 orang," ujar Supriyanto di Madiun, Jatim, Selasa.

Ia mengatakan Kereta Suite Class Compartment didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam satu kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing penumpang. Di tiap ruangan tersebut, telah terpasang pintu geser yang dapat dibuka secara otomatis.

Desain ruangan didominasi oleh warna coklat keemasan dengan pencahayaan temaram guna memberikan kenyamanan untuk pelanggan. Kereta Suite Class Compartment dihiasi dengan dekorasi yang terinspirasi dari Suku Dayak.

Adapun kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai tempat tidur. Kursi tersebut dapat diputar (revolving), sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi tersebut juga bisa diatur. Kursi tersebut juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja.

Di sisi dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Pelanggan juga dimanjakan dengan layanan makanan berupa hidangan pembuka, utama, dan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

Melalui hadirnya Kereta Suite Class Compartment, lanjutnya, KAI ingin menciptakan customer experience yang exceptional dan extraordinary guna meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik. New customer experience yang sifatnya pengalaman pribadi dan privasi yang penuh dengan kemewahan.

"Kereta Suite Class Compartment merupakan suatu layanan yang sifatnya high-end. Yang merupakan suatu kelas yang lebih tinggi satu level dibandingkan kereta Luxury, dan ini sekelas dengan first class maskapai penerbangan kelas dunia," kata Supriyanto.

Secara keseluruhan, Kereta Suite Class Compartment merupakan produk terbaru yang dimiliki KAI, dengan berbagai keunggulan yang diharapkan bisa menghadirkan pengalaman terbaru bagi pelanggan selama menikmati perjalanan dengan transportasi kereta api.

Pada Oktober 2023, KAI akan memberikan tarif promo Kereta Suite Class Compartment dengan harga Rp1.950.000.

Baca juga: KAI: tiket Kereta "Suite Class Compartment" sudah terjual 74 persen
Baca juga: Kereta "Suite Class Compartment" Surabaya-Jakarta mulai dioperasikan
Baca juga: KAI perbanyak modifikasi kereta tingkatkan kenyamanan pelanggan

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023