Mentok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan latihan simulasi sistem pengamanan kota sebagai salah satu persiapan dalam tugas pengamanan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

"Dengan sinergi bersama seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait lain, kita siap mengawal rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama tahun politik ini," kata Kepala Polres Bangka Barat, AKBP Ade Zamrah, di Mentok, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa.

Menurut dia, berbagai persiapan yang dilakukan di dalam tubuh Polres Bangka Barat bersama Polsek jajaran selama ini sudah cukup baik, baik yang dilakukan dalam peningkatan keterampilan maupun penguasaan pengetahuan langkah-langkah tindakan pengamanan.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

"Kami juga bersinergi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lain dalam upaya ini, seperti yang kita laksanakan hari ini dalam kegiatan simulasi sistem pengamanan dalam kota yang dilaksanakan di Lapangan Atletik Pemda Bangka Barat," katanya.

Dalam kegiatan simulasi tersebut diikuti para personel Polres Bangka Barat bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, prajurit TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut, sentra komunikasi, serta petugas pendukung dari instansi terkait lain.

Simulasi Sispamkota dilaksanakan tim gabungan dengan adegan mulai dari mengamankan kampanye yang damai hingga anarkis, hal ini untuk menjaga kemampuan dan kesiapan personel dalam upaya mengendalikan massa.

Baca juga: Sepekan, tabrakan KA Brantas hingga Satgas Operasi Mantap Brata

Para personel yang terlibat juga melakukan peragaan penggunaan berbagai peralatan pendukung sebagai upaya menyiapkan seluruh komponen personel jika situasi dan kondisi sangat membutuhkan penanganan lebih serius.

"Ini penting untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengendalian situasi yang dapat mengganggu kamtibmas," katanya.

Pelaksanaan simulasi pengamanan pemilu ini untuk memastikan personel Polres Bangka Barat yang bersinergi dengan TNI dan pemangku kepentingan lain yang ada telah siap mengawal rangkaian kegiatan di tahun politik.

Baca juga: Polres Mukomuko gelar simulasi pengamanan Pemilu 2024 

"Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan dukungan dari seluruh pihak atas kebersamaan dan tanggung jawab yang telah dilaksanakan, alhamdulillah simulasi sispamkota berjalan dengan lancar. Dengan kegiatan ini pula kita telah menunjukkan ke publik bahwa Polri berkolaborasi dengan TNI dan seluruh instansi terkait siap melaksanakan kegiatan pengamanan tahapan Pemilu tahun depan," katanya.

Ia mengajak seluruh instansi terkait dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan aman, tenang, nyaman dan produktif.

"Saya selaku Kapolres Bangka Barat dan Forkopimda Bangka Barat berharap setiap tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar, mari bersama-sama melakukan pencegahan terhadap kemungkinan gangguan sekecil apapun," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023