Kulon Progo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta menyiapkan enam skenario perjalanan kereta api setelah mengalami kecelakaan Kereta Api Argo Semeru dengan Argo Wilis di petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar pukul 13.15 WIB.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Kulon Progo, Selasa, mengatakan skenario pertama dari Bandung ke arah Yogyakarta dan Surabaya diputar ke arah Kroya - Purwokerto - Tegal.

Baca juga: KAI: jalur rel Wates-Sentolo untuk sementara waktu tak dapat dilalui

Skenario kedua, kereta api dari Purwokerto ke arah Yogyakarta dan Surabaya diputar balik ke arah Purwokerto - Tegal - Semarang.

"Skenario ketiga, penumpang Kereta Api Argo Semeru dievakuasi dengan eks rangkaian KA 148 (Sawunggalih) untuk dibawa ke arah Kroya - Purwokerto untuk melanjutkan ke Jakarta menggunakan kereta api lain," kata Krisbiyantoro.

Skenario selanjutnya, penumpang Kereta Api Argo Wilis dievakuasi menggunakan KA Bandara Wates - Yogyakarta, dari Yogyakarta dialihkan ke kereta lainnya.

Baca juga: KA Argo Semeru anjlok di lintasan Stasiun Sentolo-Wates siang ini

Baca juga: Kemenhub kirimkan tim investigasi anjloknya KA Argo Semeru


Adapun skenario kelima, kereta api memutar, yakni Kereta Api 115 (Ranggajati) dari Solo ke Cn, Kereta Api 211 (Logawa) dari Solo ke Tegal - Purwokerto, Kereta Api 105 (Gayabaru Malam Selatan) Solo ke Cirebon, Kereta Api 122 (Jokotingkir) Cirebon - Solo - Purwosari dan Kereta Api 124 (Bangunkarta) Cirebon - Solo.

"Untuk skenario keenam, evakuasi rangkaian di lokasi menggunakan crane yang dikirim dari Solo, Cirebon dan Banjar. Saat ini sedang dalam perjalanan," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023