Taiyuan (ANTARA) - Sebuah kereta kargo China-Eropa yang sarat muatan pada Senin (16/10) tiba di Madrid, Spanyol, menjadikannya kereta kargo pertama dari Provinsi Shanxi, China utara, yang mencapai Spanyol.

Kargo di kereta tersebut berisi barang-barang perdagangan elektronik (e-commerce) lintas perbatasan dari Shanxi, yang meliputi produk dalam kemasan kaleng, set roda kereta, dan suku cadang mekanis. Kargo yang bobotnya mencapai 925 ton itu dikemas dalam total 55 kontainer.

Berangkat dari Shanxi pada 16 September, rangkaian kargo itu menempuh jarak sejauh sekitar 12.000 kilometer melintasi Kazakhstan, Rusia, Belarus, Polandia, Jerman, dan Prancis sebelum akhirnya tiba di Madrid.

Hingga Agustus tahun ini, Provinsi Shanxi telah menangani 700 perjalanan kereta kargo China-Eropa sejak layanan tersebut kali pertama diluncurkan pada 2017, menurut otoritas setempat. Belum lama ini Provinsi Shanxi meluncurkan 15 rute kereta kargo China-Eropa dan rute kereta kargo China-Asia Tengah yang menghubungkan 16 negara.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023