kebetulan angin sedang kencang
Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan (Sudin Tamhut) Kota Jakarta Pusat Mila Ananda membenarkan kabar robohnya pohon besar di Jalan Taman Suropati, Menteng.
 
"Betul (ada pohon tumbang). Saya sudah terima info dan kami koordinasikan petugas di lapangan untuk ditangani segera," kata Mila ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Sementara itu, Petugas Pengawas Lapangan Sudin Tamhut Umar di lokasi kejadian mengatakan pohon yang roboh tersebut adalah sebuah pohon beringin karet.
 
"Jatuhnya sekitar pukul 15.12 WIB. Memang kebetulan angin sedang kencang," katanya.
 
Ia mengatakan robohnya pohon tersebut diduga karena ada pengeroposan pada bagian batang.
 
"Dugaannya ada pengeroposan di dalam batangnya karena tidak kelihatan di dalamnya keropos. Selama ini tidak teridentifikasi karena secara fisik masih sehat. Daunnya juga masih sehat," ungkapnya.
 
Umar menyebut hambatan untuk membersihkan sisa-sisa batang pohon adalah harus memotong bagian kayu menjadi ukuran kecil-kecil agar muat di dalam mobil dan mudah untuk dipindahkan.
 
Nantinya, sisa pohon yang jatuh tersebut akan dibawa ke Kantor Dinas untuk menjadi barang bukti.
 
"Biasanya ada barang bukti untuk berapa meter dari bawah bukti pohon yang jatuh dari wilayah mana," katanya.
 
Hingga pukul 17.40, petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Jakarta Pusat terpantau masih membersihkan runtuhan batang pohon yang telah dipotong menjadi beberapa bagian.
 
Lima truk pengangkut milik Sudin Tamhut Jakpus, termasuk crane, juga terpantau berjejer di sepanjang jalanan untuk memindahkan daun-daun, ranting, serta batang pohon.
 
Petugas yang turun untuk mengawal proses pembersihan pohon adalah gabungan dari Dinas Tamhut DKI Jakarta dan Sudin Tamhut Jakpus, petugas kepolisian, Dishub, dan TNI.
 
Lalu lintas di sepanjang Jalan Taman Suropati terpantau ramai lancar dipadati oleh mobil dan tidak ada penutupan jalan. Tidak ada pula kemacetan meskipun satu jalur digunakan sebagai tempat berhentinya truk pengangkut kayu.
Baca juga: Indonesia Re menanam 8.100 pohon atasi polusi udara Jakarta
Baca juga: Jakarta Timur terus gandeng perusahaan swasta lakukan penghijauan
Baca juga: Ancol hijaukan kawasan Kelapa Gading dengan ratusan pohon

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023