Beijing (ANTARA) - Presiden Jokowi Widodo disambut dengan upacara kenegaraan oleh Presiden China Xi Jinping di Great Hall of the People, Beijing, pada Selasa.

Upacara tersebut berlangsung di salah satu ruangan di gedung yang biasa digunakan untuk acara seremoni dan kegiatan legislatif pemerintah China.

Sebelum memulai upacara, kedua kepala negara memperkenalkan delegasi masing-masing negara.

Dari Indonesia hadir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Ad Interim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun. 

Dari pemerintah China hadir antara lain Menteri Luar Negeri Wang Yi dan pejabat-pejabat terkait lainnya.

Baca juga: Presiden Jokowi bertemu Presiden Sri Lanka di China, bahas kerja sama

Kedua kepala negara kemudian mengikuti upacara penyambutan yang didahului iringan lagu kebangsaan "Indonesia Indonesia Raya", lalu lagu kebangsaan China "March of the Volunteers".

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping memeriksa pasukan upacara.

Di ujung pasukan, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping disambut oleh barisan anak-anak yang meloncat dan berteriak sambil membawa bunga dan bendera kebangsaan Indonesia dan China.

Usai upacara, Jokowi dan Xi Jinping bersama masing-masing delegasi melakukan pertemuan bilateral.

Selesai pertemuan, kedua pemimpin negara menyaksikan para menteri melakukan penandatanganan dan pertukaran nota kesepahaman kerja sama kedua negara.

Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi Monumen Pahlawan Rakyat di Beijing

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023