Jakarta (ANTARA) -
Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD merupakan tokoh yang tepat untuk dijadikan pendamping bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Menurutnya reputasi dan rekam jejak Mahfud pada bidang penegakan hukum bakal memperkuat citra Ganjar di depan publik.
 
"Mahfud MD ini selama ini relatif sosok yang tegas berintegritas dan bersih di bidang hukum. Kualitas persona dia dianggap penting oleh publik. Jadi, dengan dia mendampingi Ganjar itu bisa menambah poin kualitas pada Ganjar," kata Saidiman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.
 
Lebih jauh, Saidiman menilai sosok Mahfud bisa menjadi idola bagi pemilih yang alergi terhadap partai politik. Sebab, cukup banyak publik yang memandang negatif partai politik sebagai institusi yang tidak tereformasi dengan baik.
 
"Sosok Mahfud ini bisa memperkuat posisi Ganjar karena publik memandang lembaga demokrasi yang paling tidak direspons positif publik adalah partai politik. Dengan mengambil sosok yang tidak berasal dari partai politik dan dari kalangan profesional itu bagus," ucap Saidiman.
 
Menurut Saidiman, Mahfud juga bisa menjadi perekat pemilih Ganjar di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur. Konstituen NU selama ini juga disasar dua kandidat bacapres lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
 
"Dengan kehadiran Mahfud MD di sisi Ganjar, itu bisa memperkuat soliditas pendukung Ganjar selama ini. Mahfud bisa menjadi perekat soliditas," ujar Saidiman.
 
Meskipun tidak memiliki elektabilitas yang tinggi, menurut Saidiman, sosok Mahfud bisa memberi persepsi positif bagi Ganjar. Jika setiap pasangan calon nantinya dibandingkan oleh publik, ia menyebut, Ganjar-Mahfud bakal unggul dari sisi rekam jejak integritas dan akuntabilitas.
 
"Ganjar dan Mahfud bisa dipersepsikan pasangan yang lebih tegas dan pro terhadap akuntabilitas. Itu poin dari pemilih untuk kemudian bakal menentukan pilihan mereka," ucap Saidiman.
 
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hari ini mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.
 
"Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan Bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu.
 
Pengumuman Mahfud sebagai bacawapres tersebut dihadiri oleh para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.
 
Para ketum tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Baca juga: PKS: Sangat wajar PDIP pilih Mahfud MD sebagai bakal cawapres

Baca juga: Pengamat: Mesin politik PDIP diperkuat dengan Mahfud MD jadi cawapres

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023