Jakarta (ANTARA) - RMassa yang tergabung dari berbagai elemen masyarakat pendukung bakal capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud Md menggelar aksi dukungan di depan Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu.

Berdasarkan pantauan di lokasi, massa aksi tersebut mulai menggelar orasinya sekitar pukul 10.30 WIB atau bertepatan dengan pengumuman nama Mahfud Md sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Dalam aksinya, mereka meneriakkan seruan dukungan untuk Ganjar Pranowo. Mereka berharap jika Ganjar bisa menang di Pilpres 2024. "Siapa yang ingin Ganjar Menang? Saya!" teriak salah satu dari massa aksi.

Baca juga: Muhadjir Effendy anggap Ganjar-Mahfud pasangan serasi

Tak hanya itu, mereka sudah menyiapkan dan membawa sejumlah spanduk serta bendera bertuliskan tulisan dukungan untuk Ganjar dan Mahfud MD. Bahkan, mereka sudah membawa spanduk dengan foto Ganjar-Mahfud tengah berdampingan.

Dalam spanduk tersebut, tertulis harapan kalau padangan Ganjar-Mahfud bisa menang Pilpres 2024 dalam satu putaran. "Bersama Rakyat Ganjar-Mahfud Menang 1 Putaran," tulis spanduk dukungan tersebut.

Mereka juga terus meneriakkan dukungan kepada Ganjar Pranowo-Mahfud Md. "Ganjar-Mahfud menang. Ganjar-Mahfud menang," teriak massa pendukung tersebut.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, pun berkesempatan menemui massa aksi pendukung Ganjar-Mahfud Md di depan Kantor DPP PDI Perjuangan. Ia didampingi Wakil Ketua TPN GP, Andi Gani Nena Wea.

Baca juga: Mahfud: Penegakan hukum akan tuntaskan setengah masalah bangsa

Kristiyanto menyerukan pesan dari Megawati bahwa pentingnya memahami demokrasi bagi kedaulatan rakyat.

"Maka dari itu, kita akan ramaikan untuk mendaftar, untuk mendukung Pak Ganjar dan Mahfud MD ke KPU dengan penuh semangat. Merdeka," seru Hasto membakar semangat para pendukung.

Ia pun mengajak seluruh elemen pendukung untuk kembali meramaikan saat pendaftaran pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Komisi Pemilihan Umum pada Kamis (19/11). “Mari kita dukung terus Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD. Hidup buruh… hidup buruh.. hidup buruh,” teriak dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan Mahfud Md sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Baca juga: Megawati: Mahfud sosok intelektual dan berpengalaman dampingi Ganjar

Hal itu disampaikan Megawati saat sambutan pengumuman cawapres di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

"Calon wakil presiden yang dipilih oleh PDI Perjuangan, yang akan mendampingi Bapak Ganjar adalah Bapak Prof Dr Mahfud Md," kata Megawati. Usai menyampaikan itu, tepuk tangan meriah terdengar dari Lantai 5 Gedung DPP PDI Perjuangan.

Hadir pada saat itu, Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua Umum DPP Perindo, Hary Tanoesoedibjo, dan Plt Ketua Umum DPP PPP, Muhamad Mardiono, putra Megawati yang juga Ketua DPP PDI P, Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDI P, Puan Maharani.

Selain ketua umum, sekretaris jenderal partai politik (parpol) pendukung juga hadir dalam konferensi pers ini. Mereka di antaranya, Kristiyanto, Sekjen DPP PPP, Arwani Thomafi, Sekjen DPP Partai Hanura, Kodrat Shah, dan Sekjen DPP Perindo, Ahmad Rofiq.

Baca juga: Mahfud: Saya jadi bakal cawapres tidak keluar uang sepeser pun

Hadir pula Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid, bersama Wakil Ketua TPN, Andika Perkasa, Benny Rhamdani, dan beberapa lainnya.

Selepas membacakan pengumuman, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md memasuki ruang acara tersebut. Ganjar mengenakan pakaian kemeja berwarna hitam dan Mahfud Md mengenakan batik hijau dan berpeci hitam.

Tak hanya itu, istri Ganjar Pranowo, Siti Atiqoh, dan istri Mahfud Md, Zaizatun Nihayati, juga terlihat hadir di lokasi pengumunan tersebut. Mahfud juga ditemani anak serta cucunya.

Ganjar dan Mahfud Md menebar senyum saat masuk ke ruang acara. Ucapan selamat dari para jajaran elite parpol pendukung yang hadir juga terlihat. Mereka menyalami Ganjar dan Mahfud Md.

Baca juga: OSO: Pemilihan Mahfud MD jadi cawapres Ganjar atas keputusan bersama

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023