Alhamdulillah hari ini hujan di Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya di Kota Palembang
Palembang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatra Selatan Agus Fatoni mengajak warga di wilayah itu terus melaksanakan shalat istisqa, meski hujan sudah turun di Kota Palembang, pada Rabu siang.

Sebagian wilayah Kota Palembang, diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan guntur/petir.

"Alhamdulillah hari ini hujan di Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya di Kota Palembang, dan harus kita syukuri. Maka dari itu saya mengimbau masyarakat Sumsel agar terus melaksanakan shalat istisqa. Maka dari itu, hal ini harus terus masifkan supaya masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) segera teratasi," kata Fatoni saat diwawancarai di Palembang, Rabu.

Menurut dia, hujan itu disebabkan berkat upaya shalat istiqa telah dilakukan bersama, serta berkat adanya Teknik Modifikasi Cuaca (TMC).

Selain itu, Fatoni mengatakan dalam menanggulangi karhutla, pihaknya telah menambah ratusan personel satgas darat dan udara.

"Petugas ini bertugas untuk memadamkan api, melakukan penyuluhan, mencegah agar masyarakat tidak melakukan pembakaran itu terus dilakukan," kata dia.

Baca juga: Polda Sumsel gelar salat minta hujan atasi karhutla 
Baca juga: Ribuan warga Sumsel kembali shalat minta hujan

Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Sinta Andayani menambahkan, dari pola angin terdapat sirkulasi di perairan barat Kalimantan dan konvergensi di sekitar perairan Bangka Belitung, sehingga massa udara di sekitarnya meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

"Termasuk di wilayah Sumsel bagian Timur seperti di Kota Palembang, serta di Kabupaten Banyuasin, OKI, Ogan Ilir. Intensitas hujan yang turun di Palembang sedang hingga lebat disertai angin kencang, guntur dan petir," jelasnya.

Menurutnya, saat ini memang masih berlangsung kegiatan TMC yang bertujuan memonitor potensi hujan di Sumsel untuk di modifikasi, sehingga peluang turunnya semakin besar atau intensitasnya semakin tinggi.

"Memang keberadaan TMC bisa saling melengkapi potensi hujan di Sumsel, sehingga hasilnya dapat bermanfaat besar untuk membantu mengurangi karhutla dan asap yang sedang terjadi ini," kata Shinta.

Baca juga: Ratusan Pegawai Pemkot Serang gelar shalat istisqa minta turun hujan
Baca juga: Pemkot Bandung gelar shalat istisqa bersama ASN
Baca juga: Pemkab Bogor imbau masyarakat Shalat Istisqa minta hujan

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023