Kita semua harus memperlakukan satu sama lain sebagai kawan dan mitra
Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengatakan pada Rabu bahwa dalam meluncurkan inisiatif-inisiatif besar memerlukan kerja sama yang saling menguntungkan, produktif dan bermanfaat bagi setiap negara-negara yang terlibat.

Xi menyatakan bahwa ketika negara-negara merangkul kerja sama dan bertindak bersama, jurang yang curam dapat diubah menjadi jalan raya, negara yang terkurung daratan dapat menjadi terhubung dengan daratan, dan tempat yang kurang berkembang dapat diubah menjadi tempat yang sejahtera.

"Negara-negara yang memimpin dalam pembangunan ekonomi harus memberikan bantuan kepada mitra mereka yang belum bisa mengejar ketertinggalan," kata Presiden China Xi Jinping dilansir Xinhua pada Rabu.

"Kita semua harus memperlakukan satu sama lain sebagai kawan dan mitra, saling menghormati dan mendukung, serta membantu satu sama lain meraih sukses," ujar Xi.

Xi menambahkan bahwa seperti kata pepatah, "ketika Anda memberikan bunga mawar kepada orang lain, keharumannya akan melekat di tangan Anda." Dengan kata lain, membantu orang lain juga berarti membantu diri sendiri.

Xi mengungkapkan bahwa memandang pembangunan negara lain sebagai ancaman atau menganggap saling ketergantungan ekonomi sebagai risiko tidak akan membuat kehidupan suatu negara menjadi lebih baik ataupun mempercepat perkembangannya.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023