Itu yang mau kita coba selesaikan di sana
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan banyak pemuda Papua yang mampu menjadi penggerak kemajuan daerah.
 
"Potensi anak muda Papua harus diberdayakan, banyak sebetulnya anak-anak cerdas yang bisa diberdayakan oleh pemerintah daerah, mereka harus dilibatkan," ujar Muhadjir saat seminar nasional Menuju Papua Maju di Jakarta, Rabu.
 
Muhadjir mengatakan banyak putra daerah Papua lulusan perguruan tinggi ternama di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk terlibat aktif dalam pembangunan wilayah tersebut.
 
Tetapi, selama ini pemuda Papua banyak yang tidak memiliki ruang pelibatan dalam membangun wilayahnya. Bahkan, kata dia, dalam seminar nasional tersebut ada pemuda Papua yang memiliki ide cemerlang untuk memajukan daerah.
 
"Di Papua karena dia enggak punya ruangan yang cukup untuk berperan, jadilah tidak bisa memberikan kontribusi yang konkret di sana. Dan itu yang mau kita coba selesaikan di sana," kata dia.

Baca juga: Menko PMK sebut penanganan kemiskinan di Papua tidak bisa Jawa sentris

Baca juga: Menko PMK minta pemuka agama ikut berperan dalam membangun Papua

 
Menurut dia apabila para pimpinan di Papua mampu menguliahkan anak-anaknya ke perguruan tinggi ternama atau akademi militer/kepolisian, maka harus mampu menguliahkan anak-anak masyarakatnya juga.
 
"Dengan begitu manfaatnya bisa dirasakan masyarakat," kata dia.
 
Ia menjelaskan terdapat tiga pendekatan penting yang harus dilakukan dalam mengatasi keterlambatan pembangunan di Papua, yakni pendekatan budaya, kesadaran, dan sosial.
 
Tiga pendekatan ini menurutnya jauh lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan keamanan yang selama ini dilakukan.
 
"Kita harus ada keberpihakan yang serius apa yang sudah ditetapkan dan menjadi visi kebijakan presiden saat mencanangkan membangun transpapua. Itu, kan, harus ditindaklanjuti tidak bisa ditinggal diam begitu saja," kata dia.
 
Pejabat (Pj) Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo menyampaikan pihaknya menyambut baik upaya yang terus dilakukan oleh pemerintah pusat dalam rangka mendorong pembangunan wilayah Papua.
 
Apolo mengakui Papua memerlukan percepatan dalam melakukan pembangunan karena lambatnya pertumbuhan di banyak aspek.
 
"Perlu percepatan dalam melakukan pembangunan di Papua karena ada kesenjangan yang cukup jauh dengan daerah lain," kata Apolo.

Baca juga: Pemerintah siapkan skema penanganan kelaparan di Papua Tengah
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023