Program Genius dilakukan untuk membudayakan untuk tidak boros makan dan tidak menyisakan makanan
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nyoto Suwignyo mengatakan pihaknya mulai menggelar program Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius).

"Hari (Rabu) ini sudah digelar program Genius di 25.000 desa atau sekolah dasar (SD) di 10 provinsi. Di masing-masing provinsi ada lima, berarti di 50 kabupaten/kota dan masing-masing kabupaten ada tiga SD, sehingga sekitar 500 siswa hari ini sudah kita sosialisasikan termasuk dengan orang tua (siswa)," ujar Nyoto saat ditemui di Jakarta, Rabu.
 
Program Genius, lanjut dia, dilakukan untuk membudayakan untuk tidak boros makan dan tidak menyisakan makanan serta mengedukasi soal asupan makanan yang bergizi dan baik, sehingga tercipta pola asupan makanan teratur termasuk membiasakan sarapan.
 
Program Genius yang diluncurkan Bapanas di Kota Probolinggo, Jawa Timur, diharapkan dapat mewujudkan pioner bagi generasi emas pada 2045.
 
"Mudah-mudahan Kota Probolinggo menjadi pioner bagi generasi Genius 2045 se-Indonesia. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmaanirrahiim, peluncuran Genius seluruh Indonesia secara resmi saya buka dari Kota Probolinggo," kata Nyoto.
 
Menurut dia, program Genius yang dilaksanakan tersebut sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2023, yang diperingati setiap 16 Oktober dan kegiatan itu bertujuan untuk mempersiapkan generasi sehat dan berkualitas melalui intervensi pangan dan gizi.
 
"Di mana melalui program edukatif diharapkan Genius memiliki peran yang signifikan untuk membangun kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, akan pentingnya sarapan dan kudapan sehat agar terpenuhinya gizi penduduk Indonesia," tuturnya.
 
Ia mengatakan tujuan jangka panjangnya dapat mengurangi angka kerawanan pangan dan gizi yang masih menjadi masalah di beberapa wilayah. Secara nasional kegiatan itu dilaksanakan di 10 provinsi dan 50 kabupaten/kota.

Baca juga: NFA merayakan Hari Pangan Sedunia gelar pasar murah di 421 titik
Baca juga: Program "Genius" di Kota Probolinggo wujudkan pioner generasi emas
Baca juga: Unhas-Bapanas kerja sama penguatan Program Genius untuk 25.000 siswa

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023