Paris (ANTARA News) - Unggulan keempat David Ferrer mencapai perempatfinal Prancis Terbuka untuk keempat kalinya di Paris, Minggu.

Petenis 31 tahun asal Spanyol yang semifinalis turnamen 2012 ini mengalahkan petenis Afrika Selatan Kevin Anderson 6-3, 6-1, 6-1.

Ferrer lolos ke delapan besar tanpa kehilangan satu set pun dan melaju ke perempatfinal sasama petenis Spanyol melawan Tommy Robredo atau Nicolas Almagro.

Ferrer mengungguli Almagro 13-0 dalam rekor pertemuan mereka, sementara dari Robredo dia unggul 6-2.

"Saya sudah menghadapi para pemain Spanyol beberapa kali. Siapapun yang saya hadapi akan menjadi pertandingan yang sulit," kata Ferrer. "Nico memiliki tenaga luar biasa, Tommy sangat solid. Akan jadi pertandingan fisik yang lama."

Anderson yang unggulan ke-27 sebelumnya sedang berupaya menjadi petenis Afrika Selatan pertama yang mencapai delapan besar Roland Garros sejak Cliff Drysdale pada 1968, tapi upayanya berakhir fatal setelah dengan melakukan 41 kesalahan sendiri.

Juara turnamen 2009 Federer akan berupaya menjadi pria keempat yang mencatat rekor 900 kemenangan Tur saat bertemu unggulan ke-15 asal Prancis Gilles Simon.

Sebuah kemenangan bagi petenis 31 tahun itu akan juga memberinya tempat di perempatfinal Grand Slam yang ke-40 kali.

Hanya Jimmy Connors (1.156), Ivan Lendl (1.068), dan Guillermo Vilas (940) yang meraih kemenangan lebih banyak daripada Federer.

Petenis Swiss yang memegang 17 gelar Grand Slam itu juga mencatat kemenangan ke-58 di Roland Garros, menyamai rekor yang dipegang Vilas dan Nicola Pietrangeli, demikian AFP.

(I015/A016) 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013