Jakarta (ANTARA) - Koalisi Perubahan memastikan massa atau relawan yang akan mengawal bakal pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat mendaftar ke KPU RI akan menjunjung tinggi perdamaian dan tidak membuat kerusuhan.

"Semua teman-teman koalisi partai kami ini kan mau mendaftarkan orang, tidak mau membuat kerusuhan. Pasti, kami semangatnya itu adalah menyambut siapa pun yang akan daftar di KPU," kata Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid di Rumah Koalisi Perubahan, Jakarta, Rabu.

Hasanuddin mengatakan relawan Anies-Muhaimin akan mengawal pendaftaran bakal pasangan calon itu dengan damai dan tidak membuat keributan dengan pendukung kubu lain.

Untuk diketahui, selain Koalisi Perubahan, koalisi pengusung bakal pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga dijadwalkan mendaftar di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10).

"Tapi, kami mohon izin kalau jam 08.00 pagi, pasangan Anies dan Muhaimin dulu yang melakukan pendaftaran di KPU," tambahnya.

Baca juga: Sudirman Said sebut 20 ribu relawan kawal AMIN daftar ke KPU RI

Dia menambahkan bahwa para pengurus, kader, maupun relawan Koalisi Perubahan yang akan hadir langsung mengawal Anies-Muhaimin sudah mendapat bekal prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

"Besok (Kamis), semuanya harus menunjukkan bahwa wajah kebaikan itu adalah wajah perubahan, wajah kebersamaan itu adalah wajah perubahan, dan wajah persaudaraan itu adalah wajah perubahan," jelas Wahid.

Rivalitas pada Pemilu 2024, katanya, hanya bagian kecil dari demokrasi. Menurut dia, hal paling besar adalah bagaimana mengelompokkan semua pasangan calon dan pendukungnya sebagai saudara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

"Jadi, kalau besok pasca-kami ada pasangan dari yang lain, dari Mas Ganjar, atau dari yang lain, tentu kami akan menyambut di KPU, dan pasti kami akan memberikan ruang kepada mereka kalau hajat kami sudah selesai," katanya.

Baca juga: KPU RI gladi bersih pendaftaran capres dan cawapres

Sebelumnya, Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, menyebut sebanyak 20.000 relawan akan mengawal proses pendaftaran Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ke KPU RI, Kamis (19/10).

Sudirman mengatakan antusiasme relawan muncul karena pendaftaran capres dan cawapres merupakan momen penting bagi Anies-Muhaimin. Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya mempersiapkan segala hal agar proses pendaftaran di hari pertama itu berjalan lancar.

"Kami maklum. Karena itu, kami bersiap dan yang penting adalah semua bisa berjalan dengan tertib, dengan kedamaian, tidak ada kekerasan. Itu yang kami harapkan," ujar Sudirman Said.

Baca juga: KPU koordinasikan mekanisme pendaftaran capres dengan Polri dan parpol

Pewarta: Cahya Sari
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023