Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengamankan satu tiket ke babak 16 besar Denmark Open 2023 setelah mengandaskan perlawanan ganda putra asal Chinese Taipei Lu Ching Yao/Yang Po Han pada babak 32 besar.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark, Rabu, Fajar/Rian menang dua set langsung atas Lu/Yang 21-18, 21-14.

Memulai set pertama, Lu/Yang mampu memimpin terlebih dahulu setelah memperoleh tiga poin beruntun untuk unggul 3-0. Fajar/Rian tampak kesulitan tampil keluar dari tekanan di awal dan terjadi kejar-mengejar poin hingga kedudukan imbang 5-5. Fajar/Rian mampu menutup interval permainan di set pertama dengan keunggulan tiga poin, 11-8.

Baca juga: The Daddies redam perlawanan Pramudya/Yeremia dengan "straight game"
Baca juga: Ana/Tiwi amankan kemenangan pembuka berkat persiapan matang


Setelah interval pertandingan, Fajar/Rian mampu memanfaatkan momentum untuk meraih tiga poin berturut-turut dan unggul 16-12. Unggul empat poin, Fajar/Rian justru kecolongan dan mengendurkan tempo permainan. Lu/Yang mampu mencuri enam poin berturut-turut untuk membalikkan kedudukan menjadi 18-16. Usai kecolongan, Fajar/Rian tampil menggempur habis-habisan Lu/Yang untuk menutup set pertama dengan kemenangan 21-18.

Pada set kedua, Fajar/Rian langsung memimpin dua poin dengan skor 4-2. Ganda putra peringkat kedua dunia itu mampu menutup interval permainan dengan keunggulan tiga angka, 11-8.

Usai interval, Fajar/Rian tidak menurunkan tempo permainan hingga mampu mencatatkan empat poin berturut-turut untuk unggul 15-9. Lu/Yang mencoba keluar dari serangan-serangan mantan ganda putra peringkat pertama dunia tersebut, namun Fajar/Rian tampil begitu solid untuk menutup set kedua dengan kemenangan 21-14.

Dengan hasil ini membuat Fajar/Rian melaju ke babak 16 besar pada turnamen level 750 super tersebut. Fajar/Rian tengah menunggu calon lawan antara Chen Bo Yang/Liu Yi (China) dan Ben Lane/Sean Vandy (Inggris).

Baca juga: Putri Kusuma ditaklukkan Chen Yu Fei di babak 32 besar Denmark Open
Baca juga: Rinov/Pitha ditundukkan ganda campuran China di Denmark Open

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023