Nusantara tidak hanya akan menjadi ibu kota dari sebuah negara, tetapi akan berdiri sebagai simbol dari bagaimana dunia itu berubah
Jakarta (ANTARA) - Tony Blair selaku Founder dan Executive Chairman Tony Blair Institute mengatakan bahwa Ibu Kota Negara Nusantara akan menjadi simbol perubahan dunia.

“Nusantara tidak hanya akan menjadi ibu kota dari sebuah negara, tetapi akan berdiri sebagai simbol dari bagaimana dunia itu berubah,” ujar Tony di Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Tony Blair Institute dan Otorita Ibu Kota Nusantara untuk melanjutkan pengembangan IKN.

Otorita Ibu Kota Nusantara bersama Tony Blair Institute menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait kerja sama untuk mengembangkan zona riset dan inovasi di Nusantara.

Menurut Tony, terdapat dua hal yang menjadi bagian terpenting dari Nusantara. Pertama kata Tony, adalah lokasi Nusantara di Kalimantan Timur, sebuah lokasi yang kaya akan keanekaragaman hayati.

“Ini akan menjadi ciri kehidupan modern, bagaimana aktivitas dapat dilakukan secara berkelanjutan sambil melindungi lingkungan,” kata Tony.

Hal ini, lanjut dia, menawarkan kehidupan yang lebih sejahtera dan harmonis dengan lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Tony mengekspresikan kekaguman yang telah ia rasakan sejak awal proyek IKN berlangsung. Tony mengatakan bahwa ia merasa IKN tidak hanya memberi dampak bagi Indonesia, tetapi dunia.

Lebih lanjut, Tony mengatakan poin terpenting kedua adalah teknologi yang akan membuat Nusantara sebagai kota modern yang unik.

“Sebagai sebuah institute, salah satu hal yang ingin kami lakukan adalah membantu pembangunan pusat riset, inovasi, dan teknologi untuk Nusantara, dengan bantuan Pertamina selaku BUMN,” kata Tony.

Dengan kehadiran pusat riset, inovasi, dan teknologi kelas dunia di Nusantara, Tony mengatakan bahwa Indonesia menegaskan komitmennya untuk menjadi negara maju, sebagaimana visi yang berulang kali ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo.

“Nusantara adalah proyek yang ambisius, tetapi saya meyakini proyek ini akan terwujud,” kata Tony.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023